Breaking News

MPLS SMK Dhuafa Padang, Berikan Pemahaman dan Kenyamanan Kepada Siswa Baru

Kepala Sekolah SMK Dhuafa Padang, Esneti, S. Pd, MM usai menjelaskan MPLS TA 2023/2024 kepada media ini, setelah pembukaan. @rie St Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dhuafa Padang  satu-satunya SMK yang dibangun dengan konsep gratis pertama dan satu-satunya di Indonesia.

SMK Dhuafa sendiri berada dibawah binaan Yayasan Bina Nusantara Isafat (YBNI)  yang di prakarsai oleh alm Drs. Ibrahim, MM melaksanakan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) kepada siswa baru, Kamis (13/7/2023) di halaman sekolah, jalan Seberang Padang, Kecamatan Padang Selatan.

Disampaikan Ketua pelaksana MPLS, Akhiruddin, S. Pd kegiatan ini menjalankan program pemerintah, khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumbar dimana setiap siswa baru harus mengikuti dan melaksanakan masa pengenalan intra dan lingkungan sekolah.

" Sasaran kita ialah bagaimana nantinya para siswa yang baru masuk di SMK Dhuafa Padang ini dapat mengenali lingkungannya lebih luas, baik itu civitas sekolah, para guru-guru maupun sekelilingnya. Sehingga, tak canggung bagi mereka saat proses belajar mengajar," terangnya.

Selanjutnya, lebih spesifiknya lagi karena ini SMK Dhuafa maka kita prioritaskan arti dan makna sebuah perjuangan para pendiri dahulunya. Kegiatan ini diagendakan selama tiga hari dan dimulai Kamis ini, terang Akhiruddin.

Hal senada ditambahkan Kepsek Esneti, S. Pd, MM, SMK Dhuafa Padang ini berbeda dengan SMK lainnya, kita tidak ada pungutan uang komite, menanamkan nilai ilmu agama yang full plus bagi yang diluar daerah juga ada pondokannya.

Disini kita ada program keahlian atau jurusan diantaranya; Desain permodelan dan informasi  bangunan, teknik pemesinan, teknik instalasi tenaga listrik dan teknik kendraan ringan.

" Alhamdulillah, siswa kita dari tahun ketahunnya selalu meningkat, tahun ajaran sekarang ada sekitar 110 siswa yang mendaftar dan para siswa juga 75 persen berasal dari luar daerah," terang Esneti.

Esneti melanjutkan, tamatan tahun ajaran 2022/2023 mereka ada yang bekerja diterima di perusahaan, ada yang melanjutkan studinya di kampus besar dan ternama, juga ada masuk TNI AL sebanyak 3 orang.

Para lulusan SMK Dhuafa Padang dapat bekerja dan melanjutkan studinya sesuai dengan yang diharapkan, pungkasnya.

Terakhir, lanjut Esneti, SMK Dhuafa Padang bekerjasama dengan BLK Sumbar dibidang ketenagakerjaan keluar negri bagi siswa/wi yang berminat bekerja di Jepang, tutupnya. (Hr1)

No comments