Breaking News

Lebaran Usai, Irfendi Arbi; Promosi dan Majukan Potensi Kampung Halaman di Rantau

Tokoh kharismatik Kabupaten Limapuluh Kota, Ir. H. Irfendi Arbi, MP sangat berharap peran penting para perantau mempromosikan wisatan kampung halaman di rantau, untuk kemajuan daerah. @rie St Malin Mudo


Limapuluh Kota, Lamosai.com- Lebaran Idul Fitri 1444H telah usai, satu-persatu perantau sudah meninggalkan kampung halamannya, sudah kembali balik ke tanah rantau.

Meski suasana lebaran masih melekat, tetapi singkatnya liburan serta jatah cuti,  terpaksa perantau kembali ke daerah perantauan untuk melakukan rutinitas harian, mencari rezeki.

Menurut Bupati Limapuluh Kota periode 2016-2021 Irfendi Arbi, diperkirakan ada ratusan ribuan perantau asal Sumbar yang pulang ke kampung halaman Ranah Minang tercinta untuk bertemu orang tua, sanak keluarga dalam merayakan Idul Fitri.

Masih kata Irfendi, pasca pandemi tiga tahun berturut-turut. Maka, puncaknya lampiasan kerinduan berkumpul, bersua dengan sanak family karena pembatasan yang berlarut. Nah, lebaran 1444H/2023M kali ini, rasa rindu tersebut terobat sudah.

"Lebaran kali ini, benar-benar dirasakan oleh perantau untuk bertemu sanak famili. Meski singkat tetapi rasa rindu kepada kampung halaman sudah terobati. Kini, perantau beransur-ansur kembali ke tanah rantau masing-masing," kata Irfendi Arbi pada Rabu (26/4/2023) siang.

Dengan kembali perantau ke tanah rantau mereka, Irfendi Arbi berharap bisa mengenalkan atau mempromosikan potensi daerah serta keindahan kampung halaman di perantauan.

Menurut Irfendi, hal itu merupakan salah satu upaya dalam mengangkat citra daerah, serta promosi kampung halaman diluar daerah. "Upaya ini bagus. Apalagi soal promosi wisata, melalui perantau ini bisa lebih efektif," ujar Irfendi.

Apalagi kata Irfendi, kini setiap nagari di Sumatera Barat sudah memiliki potensi wisata masing-masing. Itu juga bagus-bagus semua, alamnya nya pun indah luar biasa. Sehingga dengan memperkenalkan kampung halaman di tanah rantau, menjadi daya tarik bagi orang luar untuk datang ke kampung halaman, ke Ranah Minang.

 "Mudah-mudahan, dengan memperkenalkan kampung halaman di tanah rantau berdampak positif untuk kemajuan bagi daerah, bagi nagari bgai kampung halaman sendiri," harap Irfendi Arbi. (*)

No comments