Breaking News

Pekan Ekraf Nanggalo, Mastilizal Aye; Ajang Memajukan Ekonomi dan Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Anggota DPRD Kota Padang, Mastilizal Aye, SH penggagas iven perdana ekraf, mengapresiasi kerja baik panitia dan antusiasme masyarakat Kampung Lapai dalam memeriahkan sera menyukseskan Pekan Ekraf Kecamatan Nanggalo. @rie St Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Terus berikan komitmen terhadap kemajuan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Anggota DPRD Kota Padang Mastilizal Aye, SH  laksanakan Pekan Ekonomi Kreatif (Ekraf) melalui dana pokirnya di Kecamatan Nanggalo, 19-20 November 2022 di Lapangan Paud Amanah, RW 1 Kampung Lapai.

Hal itu disampaikan Mastilizal Aye saat penutupan, Minggu (20/11/2022), kegiatan pekan ekonomi kreatif ini merupakan permintaan masyarakat Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Khususnya yang bertujuan mengkampanyekan ekonomi kreatif untuk meningkatkan UMKM perekonomian masyarakat, khususnya kreatif rumah tangga.

" Usulan kegiatan ini dari warga Naggalo yang sebelumnya kita lihat banyak potensi dari masyarakat Kampung Lapai yang tengah menggeluti UMKM rumah tangga. Nah, melalui Pekan Ekraf ini mereka bisa memasarkan produknya. Selain itu, akan ada edukasi dari dinas terkait terhadap pemasaran maupun hal teknis dalam dunia usaha, " kata Mastilizal Aye.

Ketua Fraksi Gerindra di DPRD Padang ini menambahkan, di Pekan Ekraf ini pelaku UMKM di Kecamatan Nanggalo akan diberikan peluang pasar yang sangat luas bagi pelaku ekraf untuk memasarkan produk yang dijual.

" Disamping itu juga memberikan output kepada para pelaku ekraf dalam melatih cara berkomunikasi dan memasarkan produk mereka kepada konsumen," terangnya.

Disisi lain, Aye menyebutkan Kota Padang merupakan daerah tujuan wisata. Maka dari itu peluang usaha kreatif sangat menjanjikan dimana usaha kecil menengah perlu ditingkatkan kualitas maupun kuantitasnya agar masuk di pasar global melalui kunjungan wisatawan.

" Kita berharap juga peran instansi terkait dalam merangkul sektor ekonomi kreatif UMKM agar semakin maju sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kami di DPRD Padang akan terus mendukung dan berkolaborasi dengan Pemko Padang dalam kegiatan peningkatan ekonomi kreatif masyarakat Kota Padang," beber Aye lagi.

Ia juga mengatakan, tingginya  animo masyarakat dalam kegiatan Pekan Ekraf Kecamatan Nanggalo khususnya direncanakan kegiatan ini akan kontinue dilakukan kedepannya.

" Selain menyediakan stand pameran menjual produk maupun memasarkan. Pekan Ekraf ini juga ajang silaturahmi warga Kecamatan Nanggalo dimana disini juga dihadirkan hiburan rakyat dan Pentas Seni," pungkas Aye yang juga Ketua Askot PSSI Kota Padang itu.

InsyaAllah, tahun depan kita tetap dan komitmen. Pada tahun 2023 akan menjadi skala prioritas dan kita jadikan ekraf sepekan. Kuncinya tetap membangun kesolidan juga penguatan silaturahmi antar sesama warga Kampung Lapai, ujar Aye.

Sementara itu, Ketua LPM Nanggalo Sony sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh bapak Mastilizal Aye dan ini perdana di Kampung Lapai ini. Kedepan, ini lebih ditingkatkan, lebih meriah lagi.

" Hari ini hanya akhir pekan, tahun depan sepekan ekonomi kreatif diadakan guna memajukan ekonomi masyarakat hasil olahan masyarakat itu sendiri," pinta Sony.

Satu hal yang menarik, selain bazar produk unggulan rumahan, juga ada penampilan kuda kepang, stand UMKM, Ada juga acara solo song (Kampung Lapai Idol). 

Kabid Ekraf Kota Padang, Ade menambahkan, kegiatan ini sebagai stimulus pengembangan ekonomi kreatif melalui UMKM, peningkatan upaya kreatifitas dan menciptakan produk-produk inofatif serta terbarukan. Sudah barang pasti juga memajukan kepariwosataan, ujar Ade Kabid Ekraf Kota Padang.

kita juga berharap ini bisa menjadi iven rutin, untuk memajukan ekonomi kerakyatan berbasis kraleataif dan kearifan lokal yang berdaya saing, harap Ade. (Hr1)

No comments