Breaking News

HUT 10th IWO, Irfendi Arbi; Jadikan Momen Wartawan Bangkit dan Maju di Pileg 2024

Tokoh Sumbar, Ir. H. Irfendi Arbi, MP menerima kue Ultah IWO ke-10 th di Sekretariat Kota Padang. @rie St Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Tokoh Fenomenal dan peduli wartawan Ir. H. Irfendi Arbi, MP yang juga Bupati Limapuluh Kota periode 2016-2022 di dapuk menjadi Nara sumber peringatan HUT Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumatera Barat, Rabu (10/8/2022) di Kantor Sekretariat IWO, Komplek H. Agussalim Kota Padang.

Secara terang-terangan Irfendi Arbi, mantan Bupati Limapuluh Kota, mendorong mantan Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus maju menjadi Anggota DPR RI di Pemilu 2024 mendatang. Termasuk Sukri Umar dan salah seorang tokoh muda Hariyanto, SS,SH owner Lamosai.com yang saat ini menjabat Ketua DPC NasDem Padang Timur.

“Wartawan harus masuk ke kekuasaan, apakah itu menjadi legislatif atau eksekutif, sehingganya ada orang-orang yang akan memperjuangkan wartawan, apakah itu dari sisi kelancaran tugas kewartawanan, maupun kesejahteraan,” ujar Irfendi Arbi.

Lanjut Irfendi Arbi, ia mendukung Heranof Firdaus untuk maju menjadi calon legislatif, khususnya DPR RI. “Ketokohan dan jaringan yang dipunyai Pak Heranof dalam pekerjaan dan berorganisasi kewartawanan merupakan modal sosial yang bisa diandalkan.

Begitu juga dengan Sukri Umar, Pemred Harian Rakyat Sumbar, sebut Irfendi, harus maju menjadi calon legislatif untuk DPRD Sumbar dari dapil kampungnya Padang Pariaman. 

“Apalagi Pak Sukri Umar merupakan penghulu di kaumnya,” ujarnya.

Apalagi sosok tokoh muda, energik, kharismatik berjiwa sosial Arie, selain beliau sebagai petinggi partai di Kecamatan. Dia juga pemerhati sosial, religius dan memiliki background strata pendidikan yang luar biasa.

" Adinda Arie, beliau anaknya bagus, pemerhati sosial. Bahkan, saat ini ia menjadi pengurus panti asuhan anak yatim juga pemerhati kaum dhuafa. Sosok inilah yang patut dan pantas kita dukung bersama, khusus dari rekan-rekan media," ajak Irfendi yang juga pernah jadi Ketua KNPI Kota Padang ini.

" InsyaAllah, nanti akan saya bantu untuk kalendernya pas di masa pencalonan," beber tokoh Luhak nan bungsu ini meyakinkan.

Akan lebih baik, lanjutnya, Heranof maju di DPR RI, Datuk Sukri Umar di DPRD Propinsi dan adinda Hariyanto menuju DPRD Kota Padang. " Mari, samakan persepsi, misi dan satukan suara untuk yang berminat.

Adapun Heranof dan Sukri Umar yang sama-sama menjadi narasumber di diskusi yang diadakan IWO Sumbar tersebut, yang digelar dalam rangka peringatan HUT ke 10 IWO itu, senyum-senyum saja mendengar apa yang disampaikan Irfendi.

Irfendi Arbi saat menjawab beberapa pertanyaan wartawan dalam diskusi penuh suasana kekeluargaan.

Kemudian lanjut Irfendi, termasuk wartawan yang di daerah harus masuk ke kekuasaan dengan menjadi caleg DPRD kabupaten / kota. 

“Pemilu 2024 mendatang adalah kesempatan bagi wartawan untuk masuk ke kekuasaan dengan menjadi calon legislatif. Tugas kita adalah ikhtiar, yang menentukan adalah Allah Swt,” tukas Irfendi memberi semangat.

Wartawan itu, kata Irfendi lagi, adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan untuk menjembatani dalam mencari solusi permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Kemudian menurutnya, kalau ingin sukses membangun Sumbar ya dekati wartawan. Sulit mengetahui Sumbar itu hebat kalau tidak diberitakan oleh wartawan.

“Makanya partai yang cerdas adalah partai yang bisa meminang wartawan untuk menjadi calegnya,” pungkas Irfendi.

Pada kesempatan diskusi itu Irfendi tak lupa mengingatkan agar harus diperbanyak pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kualitas kewartawanan.

“Tetapi kadang anggaran juga yang menjadi kendala. Makanya wartawan harus masuk ke kekuasaan, baik legislatif maupun eksekutif, sehingganya masalah anggaran pelatihan dan lainnya, bisa terpecahkan,” pungkasnya. (Ika/Hr1)

No comments