Breaking News

Sosok Satake Bayu Sahabat Wartawan, Peduli dan Mengayomi

Sosok Kombes Pol. Satake Bayu S, S. IK, M.Si, Kabid Humas Polda Sumbar yang humanis dan dekat dengan wartawan, kini beliau dimutasi ke Humas Polda Bali. @rie st Malin Mudo


Padang, Lamosai.com– Gencarnya pemberitaan kinerja kepolisian di Sumatera Barat tidak terlepas dari hubungan baik yang dijalin selama ini oleh sosok yang humanis dan low profile, dialah Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto, S.IK, M. Si selama ini dengan wartawan di Sumatera Barat.

Bahkan, Kapolda Sumbar pernah dihargai  award dari salah satu media di Sumbar, sebagai terpopuler dan terbanyak pemberitaannya.Tentunya, semua itu tak terlepas dari olahan tangan dingin sekaligus sikap humanis penuh kekeluargaan yang dibangun oleh Kombes Pol. Satake Bayu.

Kini, sosok polisi baik tersebut dipindah tugaskan atau dimutasi menjadi Kabid Humas Polda Bali tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1214/VI/KEP./2022 tanggal 20 Juni 2022 dan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1215/VI/KEP./2022 tanggal 20 Juni 2022.

Bukan hanya ditingkat Polda, Satake Bayu bahkan seringkali memfasilitasi awak media dengan pejabat – pejabat kepolisian tingkat Polres di Sumatera Barat untuk saling bersinergi antara media dengan kepolisian, sebagai mitra.

Satake Bayu selalu siap kapan saja untuk dihubungi oleh wartawan. Sekalipun itu hanya lewat pesan singkat, ia tetap membalas 1×24 jam, bahkan jika sibuk sekalipun selalu meluangkan waktu untuk ditemui diruangan kerjanya.

Bagusnya lagi, saat wartawan mencari dan ingin menemui beliaupun tak sulit, dengan kata lain mudah dan tidak berbelit-belit. Bahkan, sampai diruangannya pun disambut salam santun dan hidangan selalu siap sedia.

Tidak sampai disitu, dengan komunikasi baik Satake Bayu bahkan banyak wartawan yang menyebut sudah rasa sahabat, sehingga rilis kegiatan Mabes Polri yang dikirimkan Bidhumas Polda juga dipublikasikan banyak wartawan di Sumatera Barat. Artinya, kedekatan Satake Bayu dengan media dapat membantu kinerka kepolisian secara nasional.

Satake Bayu adalah figur Polisi yang baik dicontoh karena mampu menerapkan Polisi adalah sahabat masyarakat yakni melayani, melindungi dan mengayomi.

Sejumlah kenangan indah berhasil ditorehkan selama menjabat Kabid Humas Polda Sumatera Barat, bukan hanya dalam menjalankan tugas melayani dan melindungi warga tapi juga dalam pergaulan. Pantas Satake Bayu menerima penghargaan dari insitusi Polri, masyarakat dan wartawan.

Darlinsah seorang Wartawan di Sumatera Barat menyebut sepanjang ia ketahui belum ada kekecewaan wartawan, maupun masyarakat biasa yang kenal dengan Satake Bayu, baik hubungan dengan sebagai Kabid Humas maupun rasa sahabat.

“Satake Bayu adalah polisi baik yang pantas mendapatkan apresiasi, bukan hanya dari masyarakat, bahkan penghargaan dari Mabes Polri waktu di Humas Polda Sumbar sudah pernah beliau raih. Itu tidak mudah, pantas beliau diberi nama polisi baik,” kata Darlinsah.

Wartawan yang pernah meraih pemenang pada Lomba Karya Tulis Jurnalistik BPK RI tingkat nasional ini juga memberikan penghargaan Keterbukaan Informasi Publik kepada Satake Bayu sebagai Kabid Humas Polda Sumatera Barat, pada Kamis 3 September 2020 lalu.

“Hampir 3 tahun menjadi Kabid Humas Polda Sumbar, tidak sedikit jasa beliau di Polda Sumatera Barat dan masyarakat Sumatera Barat. Semoga pengabdian baik Satake Bayu menjadikan citra polisi makin baik di Sumatera Barat, maupun secara nasional,” terang Darlinsah Wartawan yang peraih juara Liputan Pengurangan Risiko Bencana di Sumatera Barat yang dilaksanakan oleh Journocoders Indonesia bekerjasama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat pada Desember 2019 lalu.

Tidak sedikit awak media hingga masyarakat yang memuji pelayanan terbaik Satake Bayu yang menjabat sebagai Kabid Humas Polda Sumatera Barat hampir 3 tahun sejak Oktober 2019 hingga Juni 2022 ini.

" Kami secara pribadi sangat senang dan menyukai karakter orang Minang. Masyarakatnya ramah, baik-baik. Termasuk, cita rasa masakannya super enak," ujar Satake saat bincanng diruangannya, Selasa (28/6/2022).

Sebagaimana diketahui, sejak Satake Bayu menjadi Kabid Humas Polda Sumatera Barat sudah 3 kali pergantian kepemipinan Polda Sumatera Barat mulai dari masa Irjen Pol Fakhrizal, Irjen Pol Toni Harmanto, dan sekarang dijabat oleh Irjen Pol Teddy Minahasa Putra.

Kedepan, semoga selalu ada Satake Bayu dijajaran Polda Sumbar, yang selalu mampu menjadi dan memberi pelayanan terbaik, melindungi dan mengayomi semua unsur lapisan masyarakat, tak terkecuali para awak media. (Hr1/lin)

No comments