Breaking News

Irfendi Arbi Jamu Wartawan dengan Randang Khas Payakumbuh

Tokoh Limapuluh Kota-Payakumbuh Ir. Irfendi Arbi, MP menjamu wartawan di Kota Galamai dengan jamuan randang khas daerah tersebut. @rie St Malin Mudo


Payakumbuh, Lamosai.com- Ucapan yang sering terbesit dan terlontarkan dari banyak pihak, bahwa kepedulian sosok Ir. H. Irfendi Arbi, MP terhadap wartawan selama ini memang terbukti dan bukan lips service semata.

Pasalnya, salah seorang wartawan asal Kota Padang hendak menuju Kota Lancang Kuniang. Ditelpon dan diàjak makan siang untuk mencicipi makan siang, salah satunya Randang khas Payakumbuh dan Limapuluh Kota.

Diakatan Irfendi Arbi yang juga pernah Ketua Majelis Pemuda Indonesia Sumbar ini, Kota Payakumbuh- Limapuluh Kota memiliki makanan khas yang wajib dicoba setiap pengunjung ataupun sebagai oleh-oleh yang bisa dibawa pulang oleh wisatawan, baik domestik maupun manca negara.

" Oleh karena itu, Payakumbuh terkenal sebagai kota batiah, Payakumbuh juga memiliki beragam kuliner enak, salah satu aneka Randang yang patut dicoba," ujar Pria yang digadangkan maju di PilGub ini sembari menikmati gurihnya Randang di salah satu rumah makan, Selasa (21/6/2022).

Lebih jauh dibeberkan Bupati 50Kota 2016-2021 ini, Randang khas Payakumbuh satu ini berbeda dengan randang lainnya. Bentuknya berupa suwiran daging yang dibuat memanjang, sedangkan rendang pada umumnya disajikan dalam bentuk daging utuh yang dipotong kecil-kecil.

" DiKota Batiah ini, banyak varian randangnya, Ada randang rutiah, randang paru, randang telur kering dan uniknya lagi ada Bareh Randang," pungkas sosok yang peduli wartawan ini.

Maka dari itu, tak afdol jika ke Payakumbuh tidak mencicipi aneka masakan khas disini. Terkhususnya sajian randang-randang yang menggugah selera makan, imbuh Irfendi Arbi eks Ketua KNPI Kota Padang ini.

" Ada berbagai varian rasa, tetapi yang paling jadi primadona adalah rasa pedas dengan bumbu cabai merahnya. Meskipun pedas, tapi tetap renyah di mulut," pungkas Putra terbaik Simalanggang ini kepada media.

Jadi, masih kata Irfendi, meskipun harga bahan pokok merangkak naik, seperti cabe, bawang dan lainnya. Juga adanya PMK yang menyerang sapi ternak, akan terapi, rasa pedas dan kehieginisan dagingnya tetap sama.

Sementara itu, Arie saya bersama keluarga hendak menuju Kota Pekanbaru dari Kota Padang. Ketika itu, kami livestreaming di laman Facebook ketika hendak melakukan perjalanan. Tiba-tiba, di pertengahan jalan, saya dapat telpon dari Abangnda Irfendi Arbi.

" Awalnya saya kaget dan mengira hanyalah basa-basi. Akan tetapi, SubhanaAllah Bang Irfendi (panggilan akrab kami) sudah stand by menunggu di depan sebuah rumah makan. Bahkan, hampir 2 jam beliau rela menunggu," ujar Arie yang juga Sekretaris DPC MOI Kota Padang ini.

Ia melanjutkan, alhamdulillah kami beserta keluarga dan rekan media di Payakumbuh di jamu makan siang oleh beliau (Bang Irfendi_red) dengan aneka menu dan masakan khas Kota Galamai dan Botiah ini.(Hr1/Ddg)

No comments