Breaking News

Marhaban yaa Ramadhan, Irwan Basir; Media Corong Penyambung Informasi Positif

Sambut Ramadhan Kareem penuh gembira, Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM jamu pemilik media online Kota Padang dengan makan siang. @rie St. Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Ketua Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Kota Padang, Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM temu ramah sembari makan siang bersama Owner Media Online yang tergabung dalam Media Center Datuk IB jelang memasuki bulan Ramadhan.

Saat silaturahmi bersama wartawan media center Datuk IB, Rabu (30/3/2022) beliau mengatakan, Ramadhan ialah bulan mulia nan suci. Maka, perbanyak amal ibadah, membangun jembatan hati dan perkuat tali silaturahmi, menuju keberkahan.

Lanjutanya, Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Menghitung mundur, sebentar lagi umat muslim akan menyambut datangnya bulan suci, yang diperkirakan jatuh pada hari Sabtu 2 April mendatang, artinya 3 hari lagi.

3 hari menuju Ramadhan 1443 H yang disambut oleh umat Islam di seluruh dunia. Menjadi momen yang tepat untuk saling bermaafan. Mungkin terdengar sederhana, tapi maaf-memaafkan ini termasuk bentuk ibadah.

Seperti biasa, kita bersilaturahmi menjelang bulan suci Ramadan. Walau kita sering bertemu dalam kegiatan formal dan normal, silaturahmi menjelang Ramadan ini merupakan suatu kemestian sebagai kearifan lokal," ungkap Datuk IB yang juga Ketua Majelis Pertimbangan Adat Kerapatan Adat Nagari (MPA-KAN) Pauh IX.

Lebih jauh diutarakan Datuk IB sapaan akrabnya, ia berterimakasih atas dukungan media selama ini dalam mempublikasikan kegiatan DPD LPM Kota Padang dan KAN Pauh IX.

"Selama ini dukungan kawan-kawan media dalam mempublikasikan kegiatan LPM dan KAN sangat kami rasakan. Itu luar biasa sekali, sehingga informasi sampai ke masyarakat," ujarnya penuh semangat.

Meski demikian, menurut Datuk IB, hubungan yang terjalan tidak sebatas itu. "Kita tidak ingin hubungan yang dibangun tidak sebatas kepentingan, tetapi hubungan yang harmonis saling isi mengisi, yang berujung pada sinergisitas membangunan daerah," ujarnya.

"Sudah tak terasa Ramadan sudah tiba, untuk itu, mari kita sambut Ramadan dengan hati yang jernih dan suci, semoga kita menjadi insan yang kembali ke fitrah dan insan muttaqin," harapnya

Sebelum memasuki bulan suci, alangkah baiknya kita membersihkan hati, lahir dan batin. Agar ibadah di bulan Ramadhan menjadi lebih ikhlas dan ringan dijalani. Suci secara lahir maksudnya seperti menjaga kesehatan, kebersihan, dan lain-lain. Sementara suci batin adalah bersih dari segala pikiran buruk, dendam, dan masalah hati lainnya.

Hal ini menukil dari Alquran, mengenai anjuran dalam penggalan surah Al Baqarah ayat 178 yang artinya:

"Maka barangsiapa yang mendapat suatu pemaafan dari saudaranya, hendaklah (yang memaafkan) mengikuti dengan cara yang baik, dan hendaklah (yang diberi maaf) membayar (dia) kepada yang memberi maaf dengan cara yang baik (pula). Yang demikian itu adalah suatu keringanan dari Tuhan kamu dan suatu rahmat," terang Datuk IB.

Terakhir, Marhaban ya Ramadhan, mari kita sambut bulan suci penuh berkah dengan hati gembira. Saatnya untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya, menjauhi keburukan, memperbanyak ibadah. Dengan segala kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan, tutupnya sembari bermafaan bersama puluhan pemilik media saat jamuan makan siang di salah satu rumah Makan di Kuranji. (Hr1)

No comments