Breaking News

Senator Alirmansori, LKAAM Sumbar Fungsikan Tungku Tigo Sajarangan

Senator asal Sumbar Dr. H. Alirmansori menghadiri pengukuhan LKAAM Sumbar di Aula Kantor Gubernur, Senin (31/1/2022). @rie Sutan Malin Mudo


Sumbar, Lamosai.com- Senator Asal Sumatera Barat, anggota  DPD RI, Dr. H. Alirman Sori, S.H. M.Hum. M.M menghadiri prosesi “pati ambalau” (pengukuhan) Pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Provinsi Sumatera Barat periode 2021-2026, bertempat di Aula Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Senin 31/1/2022.

Secara khusus Alirman Sori, memberikan dukungan penuh terhadap Mantan Wali Kota Padang dua periode, Fauzi Bahar sebagai Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat (Sumbar) yang baru saja dilantik dan dikukuhkan kepengurusannya sudah memiliki komposisi kepengurusan yang pas.

Meskipun begitu Alirman Sori berharap kepada Ketua LKAAM Sumbar yang baru dilantik hendaknya, gar LKAAM menjadi lembaga yang mengayomi satu-satuan adat yang ada di Sumatera Barat.

Selain itu, putra Bayang Pessel ini juga menyarankan agar LKAAM, menjadi pilar utama dalam memotivasi segala kegiatan adat istiadat di Sumbar.

" Kami juga menginginkan LKAAM Sumbar kedepan dapat mengfungsikan peranan Tungku Tigo Sejarangan, tali tigo sapilin di Ramah Minang ini," pinta Alir lagi.

Selanjutnya, LKAAM bisa mengambil peran aktif membumikan Adat basandi sara', sara basandi kitabullah supaya menjadi barometer bagi anak kemanakan kita, pungkas eks Ketua DPRD Pessel ini.

Yang paling utama ialah, lanjut senator yang rajin turun ditengah masyarakat Sumbar ini, agar LKAAM menjadi fasilitor dan katalisator untuk mengambil peran setiap terjadi konflik sosial ditengah masyarakat.

Dan terakhir, LKAAM melakukan program kemitraan dengan institusi pemerintah dan non pemerintah, menjalin komukasi ranah dan rantau. Disamping itu, dapat menampung aspirasi masyarakat jikalau ada persoalan yang berat bisa diselesaikan secara bersama atas azas mufakat, tegasnya. (Hr1)

No comments