Breaking News

Target Menang, Demokrat Padang Berikan Train of the Trainer kepada Caleg dan PAC

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Padang, Surya Jufri Bitel, S. Sos memberikan pengarahan kepada para Caleg dan Pengurus PAC se Kota Padang, Kamis (8/2/2024) di Sekretariat By Pass. @rie St Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Padang memberikan pelatihan Train of the Trainer (TOT) kepada para caleg dan pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC),  Kamis (8/2/2024) di Sekretariat DPC Demokrat, Jalan Sei. Sapih, By Pass, Kuranji, Padang.

Dikatakan, Ketua DPC Partai Demokrat Padang,Surya Jufri, S. Sos sesuai dengan undang UU No. 7 tahun 2007 yang direvisi menjadi UU No. 7 tahun 2023 tentang pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara. Maka, Bimbingan teknis train of the trainer ini sengaja diberikan kepada para caleg dan para pengurus Pimpinan Anak Cabang, supaya kelak mereka yang akan mentrasfer ilmunya kepada para saksi TPS.

Tujuannya, lanjut Bitel begitu sapaan akrab Surya Jufri, agar para caleg, pengurus PAC maupun saksi bisa meminimalisir kejanggalan, kekurangan maupun kecurangan nantinya di lapangan selama proses pemilihan.

" Selain secara , saat ini juga diberikan coaching ilmu penggunaan android dengan berbasis online berupa Sirekap," imbuh Bitel yang juga Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Padang ini.

Masih kata Bitel, untuk para saksi harus mampu menggunakan ilmu teknologi. Sebab, pemilu kali ini sistem penghitungannya lebaih cepat, tepat dan akurat. Oleh karena itu, segala hasil pemilu, pelanggaran dan lain sebagainya langsung bisa diakses dan dikirim via online (Sirekap) partai.

" Untuk itu, kami meminta nantinya para saksi harus jelimet dilapangan memantau jalannya pemungutan suara agar berjalan Luber," pintanya.

Selanjutnya, saksi memantau jalannya proses penghitungan suara, mengajukan keberatan jika ada kendala, kejanggalan dalam proses pemungutan maupun penghitungan suara dan melaporkan hasil penghitungan suara via sistem pelaporan yang terpusat, saran Bitel.

Maka dari itu, bimtek ini sangat perlu diberikan agar para caleg, pengurus PAC maupun para saksi nantinya memahami tata pemungutan dan penghitungan suara secara sistem online, tutup Bitel. (Hr1)

No comments