Breaking News

H. Alirman Sori Sosialisasi 4 Pilar, Hadirkan Pancasila dalam Sendi Kehidupan

Dr. H. Alirman Sori, SH, M. Hum, MM Anggota DPD RI yang juga Caleg DPR RI asal Sumbar 1, memberikan sosialisasi 4 pilar MPR RI ke Warga Pesisir Selatan berdomisili di Padang, yang tergabung dalam PKPS Kota Padang. @rie St Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Anggaota MPR RI- DPD RI periode 2019-2024 Daerah pemilihan Sumatra Barat Dr. H. Alirman Sori, SH, M. Hum, MM memaparkan empat pilar Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara di hadapan Perkumpulan Keluarga Pesisir Selatan (PKPS) Kota Padang, Sabtu (3/2/2024) di Kawana Hotel, Jalan M.H Tamrin, Padang.

Also sapaan H. Alirmansori menjelaskan, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara UUD negara republik Indonesia tahun 1945 sebagai  konstitusi  negara serta ketetapan MPR negara kesatuan RI sebagai bentuk negara Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. Sehingga menumbuhkan kesadaran seluruh elemen masyarakat untuk mengahdirkan dan mengimplementasikan nilai Pancasila dalam kehidupan kita.

Pamcasila sila pertana memiliki artikulasi yang jelas, bicara soal kemanusiaan ada unsur ketuhanan didalamnya, soal kesatuan dan persatuan, ada unsur ketuhanan didalamnya, ujar Putra Bayang Pessel ini.

Oleh karena itu, Pancasila sebagai dasar negara tidak boleh dibenturkan dengan agama. Jika Pancasila dibenturkan dengan agama, maka sangat berbahaya, tegas Also meyakinkan.

" Mari kita transformasikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap sendi-sendi kehidupan dan dalam kehidupan sehari-hari, terutama kepada generasi muda," ajak Aliman Sori yang juga Caleg DPR RI dari Partai Golkar Sumbar 1 ini.

Lebih jauh dijelaskan Pria pemilik No. Urut 7 ini, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara tidak boleh di obok-obok, tidak boleh  di personalisasikan, Pancasila itu adalah milik dan dasar negara kita.

Sedangkan, UUD negara sebagai konstitusi ada ada ketetapan MPR yang mengatur tentang tata kehidupan kita, ada warga negara didalamnya, pungkas Also lagi.

Terakhir, MPR RI sebagai lembaga demokrasi dan perwakilan harus mampu menjadikan lembaga permusyawaratan yang mengejawantahkan nilai demokrasi, kekeluargaan, kegotongroyongan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat daerah.

" Maka dari itu, sosialisasi empat pilar ini sebagai upaya pembelajaran bagi masyarakat untuk memperoleh pengetahuan tentang konstitusi, tentang dinamika ketatanegaraan dan agar masyarakat mampu menjawab tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara,' tutup Also sembari mengakiri  penaparannya.

Sementara itu, Ketua DPD PKPS Padang Drs. Syahrial Nadir, MA Dt Lenggang Mulia mengatakan, pertemuan khusus dan spesial ini sebuah momen yang sangat di tunggu-tunggu dalam rangka mempersatukan warga Pesisir Selatan berdomisili di Kota Padang untuk membangun.

"Sejauh ini sudah banyak kegiatan-kegiatan positif membangun kesejahteraan sosial warga Pessel DPD PKPS Padang sudah laksanakan," ujarnya.

Salah satu yang mendasar saat ini, lanjut Syahrial Nadir, PKPS Padang sedang menghimpun dana untuk pembelian tanah pandam pakuburan, bebernya.

Sosialisasi empat pilar dihadiri para tokoh senior Pessel, hadir mubalig H. Ismail Usman, H. Zaitul Ikhlas, Ketua DPP PKPWL Indonesia Yasmardi, SH, Yonder WF Alvarent calon DPD RI. 

Selain itu, turut hadir caleg DPRD Sumbar asal Pessel, Sudirusman (PAN), Asmantoni (PPP) dan Akhyar Dt Rajo Mole (PPP), juga hadir Caleg DPRD Kota Padang Hariyanto,SS,SH dari Partai Demokrat dan Rziki dari Golkar. (Hr1)

No comments