Breaking News

Irwan Basir, Pramuka Membentuk Karakter Anak Bangsa dan Kemandirian

Ketua Komite MTsN 5 Padang, Irwan Basir, SH, MM Dt Rajo Alam beserta Kepala MTsN Dr. Lilis foto bersama saat malam puncak/api unggun kemah bakti. @rie St Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Suasana penuh keakraban menyelimuti malam kemah bakti di MTsN 5 Kota Padang. Dimalam harinya upacara api unggun dipimpin oleh Ketua Komite MTs 5 Negeri Padang Irwan Basir, SH, MM Datuk Rajo Alam. Bertempat di lapangan MTs 5 Negeri Padang, pada Jum'at (29/09/2023) Malam.

Penyalaan api unggun berlangsung sekitar pukul 21.00 WIB. Peserta berkumpul di tengah lapangan dan membentuk barisan setengah lingkaran sesuai Dasa Darma Pramuka berjumlah lebih kurang 500 peserta dan pembina upacara menyalakan api unggun secara bersama-sama.

Pada saat pelaksanaan upacara api unggun, Irwan Basir berperan sebagai pembina upacara dalam amanahnya menyampaikan bahwa kegiatan api unggun dapat menumbuhkan perkembangan karakter psikologis pada diri siswa, sehingga dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan dalam pramuka. 

Ditegaskannya, menyalakan api unggun bukanlah ritual ibadah. Hal ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan berkemah. 

Dijelaskannya, ada tiga makna filosofis api unggun. Pertama, api yang menyala-nyala berarti nafsu yang membara. Kedua, api yang panas merupakan simbol kekuatan. Ketiga, api yang menyala mengandung makna persaudaraan dan persatuan.

“Sebagai pramuka, dari kegiatan ini hendaknya dapat mengambil pelajaran dan pengalaman berharga sebagai sarana untuk menjadi lebih baik, menjadi pencerahan bagi sesama, pelopor kebaikan baik di madrasah, keluarga maupun masyarakat," ujar Datuk IB.

Selain itu juga himpunan menjadi teladan yang baik bagi sesama, jadilah seperti cahaya api yang mampu memberikan kehangatan bagi sesama,” kata Irwan Basir yang juga Ketua DPD LPM Kota Padang.

Irwan Basir juga menghimbau para peserta untuk selalu menjaga nama baik MTs 5 Negeri Padang. Dikatakannya, kegiatan Persami akan diprogram ulang dalam agenda tahunan yang rutin diadakan setiap akhir semester jika dalam pelaksanaan tahun ini para peserta mampu menjaga nama baik dan kebersihan lingkungan selama persami berlangsung.

Tunjukkan kepada sesama bahwa pramuka merupakan bibit harapan bangsa yang nantinya akan membawa bangsa menjadi lebih baik, jangan lupa menjaga nama baik dan kebersihan lingkungan. 

"Insya Allah SWT apabila pada pelaksanaan tahun ini para peserta mampu menjaga nama baik dan kebersihan lingkungan, maka Persami akan kami programkan kembali dalam agenda tahunan yang rutin diadakan setiap akhir semester,” ujarnya kepada Radar Berita Indonesia, pada Sabtu (30/09/2023) Sore.

Semetara itu, Kepala MTsN 5 Kota Padang, Dr. Lilis Andriani, M.Pd mengatakan terimakasih kepada Kemenag Kota Padang, Majelis Guru, Ketua Komite dan orang tua murid malam api unggun MTs 5 Negeri Padang.

Melalui kegiatan ini menjadi momentum untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan pembinaan anggota pramuka yang ada di wilayah Kota Padang, kata dia.

Selain itu, melalui kegiatan perkemahan dapat mengembangkan mental, fisik, intelektual, emosional dan sosial dalam diri anggota pramuka sehingga mampu berperan positif dalam kehidupan bermasyarakat.

“Saya berharap peran serta anggota pramuka dalam lingkungan sekitar dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” pungkasnya Lilis Andriani.

Perkemahan pramuka warna malam api unggun MTs 5 Negeri Padang dihadiri oleh: Kepala Sekolah Dr. Lilis Andriani, M.Pd, Majelis Guru, pengurus komite, orang tua murid, Sebelumnya dalam pembukaan secara resmi dipimpin oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang Edy Oktafiandi, pada hari Jum'at (29/09/2023) Sore. (Dp/Hr1)

No comments