Breaking News

BazNas Padang Khitan Gratis 250 Anak Dhuafa, Ringankan Beban Warga Kurang Mampu

Pimpinan BazNas Kota Padang dan Pemko foto bersama usai opening ceremony acara khitan massal gratis tahun 2022. @rie St Malin Mudo


Padang, Lamosai.com-  Badan amil zakat nasional (BAZNAS) Kota Padang, Bekerjasama dengan Maybank Syari'ah Cabang Padang dan Yayasan Senarai Sumateta Barat 'Semangat Bersama Inspirasi Nagari' melakukan khitan (sunat rasul) secara gratis kepada 250 anak dhuafa se- Kota Padang tahun 2022, Selasa (5/7/2022) di Aula Kantor BazNas, Jalan By Pass, Kota Padang.

Dalam sambutannya, Ketua Baznas Kota Padang Muhammad Mufti Syarfie mengatakan pelaksanaan khitan gratis ini merupakan aplikasi dari program kesehatan Baznas Kota Padang yang bekerja sama dengan MayBank Syariah Cabang Padang dan Yayasan Senarai Sumbar.

" Pada tahun 2022 ini kita bekerja sama dengan MayBank Syariah Cabang Padang melaksanakan khitan gratis untuk 250 anak kurang mampu yang ada di Kota Padang," ujar Mufti Syarfie.

Mufti Syafrie melanjutkan, terimakasih kepada pihak Maybank yang telah mempercayakan kepada Baznas Padang sebagai penyalur dana CSRnya. Selanjutnya, kepada Mustahiq semoga apa-apa yang telah diserahkan dapat dimanfaatkan secara utuh bagi Muzzaki dan dapat meringakan bebannya dizaman yang serba sulit ini.

Mufti menambahkan, program kemanusiaan tak telepas dalam membantu masyarakat yang tidak mampu di Kota Padang . Maka dalam hal ini Baznas selalu mendoakan muzaki tetap menjadi pelanggan zakat ke Baznas. Kemudian diharapkan usaha muzaki terus berkembang dan selalu mendapatkan kesehatan dari maha kuasa Allah SWT.


“Sehingga masyarakat yang kurang mampu di Kota Padang selalu terbantu dengan program Baznas Padang, melalui program kemanusiaan, sejahtera dan pendidikan, “ujar Mufti.

Sedangkan, khitan gratis ini kerjasama tim medis dari Yayasan Senarai Sumbar yang melibatkan 15 dokter serta tim pendamping. Serta perbankan Maybank Syariah Kota Padang.

Dikatakan, hingga Juni 2022 Baznas Padang telah mengumpulkan zakat dari muzaki sebesar Rp 8,5 miliar lebih dan sudah didistribusikan sebesar 6 persen ” Namun, jika menilik dari persentase target Baznas baru mencapai 50 persen. Sedangkan target sebesar Rp 12 miliar.

Wakil Ketua Baznas Sumbar Nurman Agus mengapresiasi, program kemanusiaan khitan massal Baznas Kota Padang yang bekerjasama dengan Maybank Syariah.” Terutama yang telah membantu masyarakat yang tidak mampu di Kota Padang pasca Pandemi Covid-19 belakangan ini,” ujar Nurman.

Sementara itu, Kabag Kesra Kota Padang Fuji Astomi mengatakan, khitan ini merupakan salah satu syariat sebagai umat Muslim,terutama bagi anak anak laki laki. Ini suatu momentum bagi anak anak tersebut sampai mereka tua nanti.” Khitan ini langkah bagi anak laki laki yang akan beranjak remaja dan akil baliq,” ujar Fuji.

Fuji mengucapkan terima kasih tehadap kolaborasi antara Baznas dan Perbankan terutama Maybank Syariah. Serta Yayasan Senarai Sumbar selaku tim medis yang menerjunkan belasan dokter seta pendampingnya.


Diakhir acara, pihak dari Maybank Syariah Padang menyerahkan secara simbolis uang CSR sebesar Rp.105juta untuk biaya sunatan massal dan juga penyerahan dua ekor sapi Kurban sebesar Rp 35juta untuk dibagikan saat Idul Adha.

Hadir saat pembukaan acara, Walikota Padang yang diwakili oleh Kabag Kesra, Fuji Astomi, KaKanmenag Padang Farhan Furqoni, Baznas Sumbar, Polresta Padang, Kodim, Camat Kuranji, Lurah dan lapisan masyarakat Padang. (Hr1)

No comments