Breaking News

Tingkatkan Ekonomi Syari'ah dan Sumbar Pusat Halal, Minangkabau Halal Festifal kembali digelar

Kadis Koperasi dan UKM Propopinsi Sumbar, Endrizal didampingi Pimpinan Syakaa Organizer Fitriati Rahmah, memberikan keterangan pers akan digelarnya Minangkabau Halal Festifal ke-2 di Sumatera Barat. @rie St Malin Mudo


Padang, Lamosai.com-  Minangkabau Halal Festifal yang ke-2 akan kembali digelar di Sumatera Barat, Kota Padang. Hal ini dalam rangka mendorong pertumbuhan industri halal dan peningkatan ekonomi syariah di Sumatera Barat.

Statemen tersebut disampaikan oleh Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi yang diwakili oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Barat Endrizal, di Aula Istana Gurbernuran, Senin (27/5/2024) malam dihadapan awak media saat jumpa persnya.

Ia mengatakan, Alhamdulillah untuk ke-2 kalinya Minangkabau Halal Festival (MHF) digelar dan ini menjadi agenda tahunan yang penting dilakukan untuk mendorong pertumbuhan industri halal dan  meningkatkan ekonomi syariah di Sumatera Barat, ujar Endrizal.

" Pemrov dalam hal ini, Gubernur Sumatera Barat bapak H. Mahyeldi sangat menyambut baik agenda MHF ini, apalagi mendapat dukungan dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam menjadikan Sumatera Barat sebagai pusat produksi industri halal," paparnya.

Masih kata Endrizal, kegiatan ini Pemerintah Propinsi Sumatera Barat menggandeng atau bekerjasama dengan Pengurus Wilayah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat dan Syakaa Organizer.

" Penyelenggaraan event 2nd Minangkabau Halal Festival (MHF) selama 5 hari, yakni pada tanggal 30 Mei hingga 3 Juni 2024 di Auditorium Universitas Negeri  Padang,"bebernya.

 Ia menegaskan komitmen Pemerintah Daerah untuk mempercepat persiapan Sumatera Barat sebagai daerah produksi industri halal terkemuka di dunia.

"Minangkabau Halal Festival merupakan wujud nyata Komitmen kami dalam mengembangkan industri halal dan ekonomi syariah di Sumatera Barat," ucapnya.

Dengan mengusung semangat kolaborasi, provinsi Sumatera Barat menengaskan kesiapannya menjadi pendorong utama bagi perkembangan industri halal dan ekonomi syariah di Indonesia. 2nd Minangkabau Halal Festival menjadi platform yang ideal bagi para pelaku industri halal untuk bertemu, berbagi ide, dan menjalin kerjasama yang bermanfaat, pungkas Endrizal

Sementara itu, Pimpinam Syakaa Organizer, Fitriati Rahmah memaparkan, rangkaian acara dalam kegiatan Minangkabau Halal Festifal ke-2 in, tidak hanya sekedar pameran produk halal saja. Melainkan juga menyediakan berbagai kegiatan edukatif yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya industri halal.

" Dalam MHF nantinya, selain pameran produk UMKM, juga ada kegiatan kajian Islam, RUN Halal, mewarnai bagi anak-anak TK. Bahkan yang menariknya, kita juga bisa membantu proses sertifikasi halal bagi pelaku usaha dalam pengurusan halalnya," terang Fitri yang juga Alumni Unand Padang ini.

Selanjutnya, sambung Fitri, lebih dari 100 booth akan memamerkan produk-produk halal seperti kosmetik, busana muslim, makanan, properti syariah dan lain sebagainya. 

" Selain dari Sumabar dan pulau Sumatera, juga akan dihadiri oleh pelaku usaha dari Jakarta dan daerah lainnya," ulas Fitri.

Selain itu, para pengunjung juga dapat mengikuti serangkaian acara seperti pendampingan sertifikasi halal, olimpiade halal, seminar, talk show, kajian, festival anak sholeh, dan berbagai kegiatan menarik lainnya.

Masih kata Fitri, salah satu target utama dari acara ini adalah memberikan dukungan kepada UMKM untuk mempromosikan produk mereka dan menjalin hubungan dengan agen serta reseller baru.

" Konsep expo edukatif yang diusung oleh 2nd Minangkabau Halal Festival memungkinkan para pengunjung untuk tidak hanya berbelanja. Tetapi juga belajar dan terlibat dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat," terang Fitri lagi.

Kita juga akam menggandeng pelaku wista atau agent travel, pihak hotel dan para pelaku kuliner di Kota Padang ini," katanya.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin, dalam pembukaan resmi 1st Minangkabau Halal Festival tahunan 2023 yang lalu, menyatakan pentingnya peran Sumatera Barat dalam industri halal. Ia bertekad untuk menjadikan Sumatera Barat sebagai produsen halal terkemuka di dunia, ulas Fitri mengingatkan.

"Sumatera Barat harus menjadi contoh dan menularkan semangat positifnya, agar kemajuan ekonomi dan keuangan syariah dapat juga terwujud di wilayah-wilayah lain di Indonesia," harapnya.

Nah, nanti pas pembukaan, jika tidak dihadiri oleh Wakil Presiden. Kita berharap Pak Sandiago Uno sebagai Mentri Pariwisata dan Ekonomi kreatif bisa datang untuk opening ceremony acara, karena memamng domainnya beliau, Sebab, kita juga concern ke dunia pariwisatanya. pinta Fitri. (Hr1/*)

No comments