Breaking News

MTQ Nasional ke 41 BungTeKab, Perkuat Generasi Muda Qur'ani Berbasis ABS SBK

Foto bersama PJ Walikota Padang Dr. H Andre Algamar dan Camat Bungus Teuk Kabung Harnoldi, SH, MM usai pembukaan MTQ Nasional ke 41 tahun 2024. @rie St Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke 41 Kecamatan Bungus Teluk Kabung resmi digelar selama dua hari dan dibuka langsung oleh Penjabat (PJ) Wali Kota Padang Tuanku Rajo Kaciak Sutan Dr. H. Andree Harmadi Algamar, S.STP., S.H., M.Si., M.Han., Datuak Sangguno Dirajo, di halaman parkiran Kantor Camat Bungus Teluk Kabung, Rabu (29/5/2024) malam.

Luar biasa, selain dihadiri PJ Walikota Padang, juga tampak hadir, Kakan Menag Kota Padang,  Ketua DPD LPM Kota Padang, Ketua LKAAM Bungus, Ketua KAN, Kabag Kesra, Camat Kuranji, Camat Bungus, Danramil, Kapolsek Bungus dan Lurah, RT/RW se Kecamatan BungTeKab dan Ketua LPTQ Kota Padang.

Dalam sambutannya Camat BungTeKab Harnoldi, SH, MM mengatakan rasa syukur dan sangat berterimakasih kepada Lurah, RT/RW se Kecamatan BungTeKb, Ketua LPM, KNPI, Bundo Kandung, para official dan kafillah serta seluruh yang terlibat atas dedikasinya, sehingga acara MTQ ini bisa terlaksana dengan baik.

MTQ Nasional ke 41 mengusung tema merajut generasi muda qur'ani, berilmu amaliah berdasarkan Adat Basandi Sara, Sarak Basandi Kitabullah (ABS SBK). Selanjutnya diikuti sebanyak ser orang peserta. Kemudian akan mengikuti 6 cabang lomba, diantaranya; Cabang Tilawah anak, Cabang Tilawah Remaja dan Tilawah Dewasa. Selanjutnya, Cabang Sahril Quran, Cabang Tahfidz1 juz tilawah dan non tilawah, Cabang Khutbah Jum'at, azan dan Cabang Tartil, papar Harnodi.

" Alhamdulillah, kami Kecamatan ke dua yang mengadakan setelah Kecamatan Kuranji dan di bula langsung oleh PJ Walikota Padang," terang Camat lagi.

Harnoldi melanjutkan, MTQ ini merupakan agenda rutin Pemko Padang. Sekaligus salah satu tahapan seleksi qori-qori'ah tingkat kecamatan ke jenjang yang lebih tinggi, baik Kota maupun tingkat Propinsi.

" Kita sudah siapkan qori-qori'ah terbaik dari putra-putri asli BungTeKab untuk berlaga selama 2 hari. Nah, nantinya yang terbaik akan mewakili BungTeKab untuk melaju ke Padang," terang Harnoldi.

Bagusnya lagi, lanjut  Harnoldi, para peserta sudah lulus seleksi antar Kelurahan dan mereka yang terbaik. Sebab, mereka juga bertanding membawa nama baik Kelurahan masing-masing. Artinya, semua peserta asli produk anak nagari.

Sementara itu, Ka KanMenang Kota Padang,, mengatakan Kementerian Agama berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan akuntabilitas penyelenggaraan MTQ tingkat Nasional. 

" Alquran tidak sekedar dibaca dan dihafal. Akan tetapi, sebagai pedoman bagi semua insan ," ujarnya.

Nah, lanjut nya, MTQ sebagai pencarian bibit /qori terbaik. Selain itu, sebagai ajang evaluasi bagi anak didik untuk meningkatkan kemampuan dan semangat mempelajari alqur'an dalam kehidupan sehari-hari.

" Kami sangat apresiasi kepada semua pihak, khususnya Ketua Pelaksana dan Camat BungTekab telah menyukseskan terlaksananya iven agung ini. MTQ sebagai salah satu potensi pengembangan diri dibidang agama. Semoga MTQ tingkat Sumbar nantinya, Kota Padang Kembali meraih juara umum," harapnya.

Sementara itu, PJ Walikota Padang Dr. H Andre Algamar sangat mengapresiasi terlaksananya iven MTQ di Bungus Teluk Kabung, khususnya pak Camat Harnoldi.

" Ini MTQ Tingkat Kecamatan yang kedua diadakan setelah Kecamatan Kuranji. Kita berharap Kecamatan Bungus Teluk Kabung mampu meriah juara di Kota Padang dengan qori-qoriahnya anak nagari asli," pinta Andre.

Terakhir, semoga kegiatan ini sebagai modal menumbuh kembangkan dan menggairahkan alqur'an terhadap generasi muda milenial, sebagai penguatan nilai-nilai agama dan budaya ABS SBK di Kota Padang, tutup Andre.(Hr1)


No comments