Breaking News

Minangkabau Halal Festifal, Susnto Edi; Sumbar Menuju Industri Produsen Halal Dunia

Penanggung jawan iven Minangkabau Halal Festifl 2rd, Susanto Edi Juniarto menjelaskan arti penting dan tujuan iven tersebut di gelar. @rie St Malin Mudo


Sumbar, Lamosai.com- Minangkabau Halal Festifal (MHF) ke 2 resmi ditabuh. Kegiatan ini dalam rangka untuk memajukan potensi induatri halal di Sumatera Barat menuju industri atau produsen halal di dunia.

Hal tersebut disampaikan Susanto Edi penanggung jawab iven MHF mengatakan, kegiatan ini untuk membumikan masyarakat halal di Sumatera Barat, sesuai dengan tujuannya Sumbar menjadi produsen halal di dunia, ujarnya kepada awak media, Kamis (30/5/2024) di Auditorium.UNP.

" Sebagai kita ketahui, Sumbar baru saja mendapatkan penghargaan wisata halal," terang Edi sapaan akrabnya.

Lebih jauh dipaparkan Edj, kita hanya bermaksud memberikan dukungan ataupun sokongan  agar suasana halal kondusif dan dapat di implementasikan dalam kehidupan. Sehingga tidak hanya sekedar slogan dan tak hanya industri produknya yang halal. Namun, pada semua sektor.

" Iven pariwisata, bidang finansial, bidang kesehatan dan lainnya. Pokoknya, semua mesti harus halal," pintanya.

Masih kata Edi, kegiatan Minangkabau Halal Festifal ini adalah salah satu upaya kita untuk mendorong, mempopulerkan dan memasyarakatkan atau ikut mengkampanyekan program halal tersebut.

" Kita memberikan penyadaran kepada masyarakat untuk bergerak. Sehingga, halal itu benar-benar diterapkan dan menjadi sumbangsih secara ekonomi," imbuh Susanto Edi.

Nah, khususnya di Ranah Minang Sumatera Barat ini, terkenal dengan Adat Basandi Sara',Sara Basandi Kitabullah (ABS SBK) dan penghargaan wisata halal yang diterima tidak hanya slogan dan ceremonial. Akan tetapi bisa di aplikasikan pada semua sektornya, pintanya.

Berkaitan dengan kegiatan MHF ini, lanjut Edi, dengan harapan semua bisa mengangkat pertumbuhan dan peningkatan ekonomi syariah.

Selanjutnya, tujuan ataupun ending dari iven Minangkabau Halal Festifal ini  menciptakan komunitas atau industri halal untuk mempercepat persiapan Sumatera Barat sebagai daerah produksi industri halal terkemuka di dunia.

"Minangkabau Halal Festival merupakan wujud nyata Komitmen kami dalam mengembangkan industri halal dan ekonomi syariah di Sumatera Barat," ucapnya.

Dengan mengusung semangat kolaborasi, provinsi Sumatera Barat menengaskan kesiapannya menjadi pendorong utama bagi perkembangan industri halal dan ekonomi syariah di Indonesia. 2nd Minangkabau Halal Festival menjadi platform yang ideal bagi para pelaku industri halal untuk bertemu, berbagi ide, dan menjalin kerjasama yang bermanfaat, tutup Susanto Edi.(Hr1)


No comments