Breaking News

Dekopinwil Sumbar Peduli Koperasi, Koperasi Ujung Tombak Kemajuan Ekonomi

Ketua Dekopinwil Sumbar H. Ir. Hendra Irwan Rahim didampingi Ketua Dekopinda Padang Irwan Basir, SH, MM Dt Rajo Alam foto bersama usai pembukaan sosialisasi perkoperasian di Hotel Padang, Rabu (20/9/2023).@rie St Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Dewan Koperasi pimpinan Wilayah Indonesia (Dekopinwil) Sumatera Barat, berkolaburasi dengan Dewan Koperasi Pimpinan Daerah Indonesia (Dekopinda) Kota Padang mengadakan sosialisasi Perkoperasian bagi tokoh masyarakat, alim ulama, bundo kanduang para ninik mamak, generasi muda dan para penggerak koperasi se Kota Padang, Pada Rabu (20/9/2023) di Hotel Padang.

Sosialisasi ini dibuka oleh Ketua Dekopinwil Sumbat Ir. H. Hendra Irwan Rahim yang juga Anggota DPRD Sumbar, ia menyampaikan Alhamdulillah dapat melaksanakan kegiatan ini dengan baik dan diikuti sebanyak 100 orang peserta dengan melibatkan pengurus Dekokin dan para penggiat koperasi.

"Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan disemua kabupaten dan kota di Provinsi Sumbar, hal ini untuk mengevaluasi agar dapat mencari solusi permasalahan perkoperasian yang ada di Sumbat," ujar Hendra Irwan Rahim yang juga maju di Pileg DPD RI dapil Sumbar.

Menurut Irwan Rahim bahwa koperasi enak dibicarakan tapi susah untuk dilaksanakan, maka dari itu perlu menumbuh kembangkan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang perkoperasian.

"Tujuan sosialisasi ini untuk mendorong dan menghidupkan aura koperasi untuk mengadakan RAT dan juga mendorong kelompok strategis mempunyai legalitas," harap politisi senior golkar ini.

Senada dengan Hendra Irwan, Ketua Dekopinda Kota Padang Irwan Basir, SH. MM Datuk Rajo Alam mengatakan, "semua ini bagian dari silaturahmi dalam menumbuh kembangkan bidang perkoperasian yang selama ini mati suri dan hanya hidup 50 persen dari koperasi yang ada.

Hal ini, lanjut Datuk IB, sosialisasi ini agar dapat mencari solusi permasalahan perkoperasian yang, ini merupakan proses evaluasi.

Coba bayangkan, sebanyak lebih dari 800 san Koperasi yang ada, 400 yang aktif dan 266 yang melakukan Rapat  Anggaran Tahunan (RAT).

"Sebagai bagian dari pada gerakan yang dilaksanakan guna meningkatkan koperasi akar rumput yang ada pada penggiat dan pelaku," ujar Irwan Basir.

Ia menyebut, tanpa ada aksi tidak akan ada reaksi dalam melaksanakan aktifitas perkoperasi, sebutnya.

Irwan Basir berharap, "dengan bersama kita mencapai tujuan, kita harus memberikan kontribusi pemikiran untuk membuat sebuah terobosan perobahan dimasa yang akan datang," harapnya.

Kita tahu, Dekopinda ini merupakan mitra kerja dari pemerintah. Nah, dengan adanya dekopin ini bisa menghidupkan sosial ekonomi masyarakat, tutup Datuk IB.

Hadir para pengurus Dekopinwil Provinsi Sumbar, Kadis Koperasi UMKM Sumbar Dt. Endrizal, M. Si, Ketua Dekopinda Padang Irwan Basir, Sekretaris Dekopinda Padang Akhirudin, Martias, Bob Zahirman dan tampak juga Kadis Koperasi Kota Padang diwakili Jamilus. (AdF/Hr1)

No comments