Breaking News

Tanamkan Nilai Gotong Royong dan Kebudayaan, SD Pertiwi 3 Tampilkan Kreatifitas Siswa

Senyum sumringah Kepaala Sekolah SD PW 3 Padang dan para majelis guru atas suksesnya gelaran iven kearifan lokal juga menumbuh kembangkan sifat gotong royong pada siswa. @rie St Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Sekolah Dasar Pertiwi (SD PW) 3 Kota Padang, melakukan aksi nyata projeck penguatan profil pelajar pancasila, kearifan lokal " Mengenal dan menghargai budaya serta menumbuh kembangkan sifat gotong royong, mandiri dalam menghadapi kebinekaan global.

Kegiatan aksi nyata tersebut dilaksanankan, Rabu (21/6/2023)  di halaman SD Pertiwi 3, Jalan Koto Tinggi, Jati, Kota Padang. Saat berlangsung dihadiri oleh Ketua Yayasan Pertiwi Genny Hendri Septa, para guru dan orang tua wali murid.

Dalam sambutannya, Genny menyampaikan apresiasi kepada kepala sekolah SD Pertiwi 3 Padang dan para ibu/bapak majelis guru yang sukses mengangkan iven ini. Disamping itu, juga kepada orang tua murid atas antusiasme dalam mengikuti acara ini.

" Aksi nyata kearifan lokal ini, menanamkan dan menumbuh kembangkan nilai budaya, kemandirian serta sifat kerjasma atau gotong royong di diri para siswa," ujar Genny yang juga Istri Wako Padang..

Masih kata Genny, sejauh ini generasi kita sudah terpedaya oleh Gudged, hidup individual dan kurang memahami permainan generasi sebelumnya, seperti petak umpat, tangkelek dan lainnya.

" Nah, dengan adanya kegiatan ini mampu melahirkan generasi muda mandiri, kreatif dan multi talenta," imbuhnya.

Penampilan tari piring dari siswa/wi kelas V A, mendapatkan decak kagum dan applaus dari orang tua siswa.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Pertiwi 3 Sri Guslaini, S. Pd Padang mengucapkan syukur dan terikasih kepada seluruh guru, khususnya bu Rifda Yeni yang begitu mewakafkan dirinya bagi para siswa dalam hal melatih, membimbing anak-anak latihan. Sehingga, hari ini para siswa kita mampu menampilkan seni budaya, minat dan bakatnya di hadapan kita semua.

" Kita bangga, anak-anak mampu tampil memukau dihadapan Ketua Yayasan dan para orang tua nya," ujar Kepsek.

Ia melanjutkan, hari ini begitu banyak kreatifitas anak-anak ditampilkan, seperti cerita rakyat, taria  daerah, permainan rakyat dan lainnya. Artinya, anak-anak mampu meng ekplorasikan kemampuan yang mereka miliki dan beranintampil di publik.

Hal senada ditambahkan Rifda Yeni, alhamdulillah anak-anak tampil ekpresiv bahkan para ibu/bapak guru pun ikut tampil berbaur bersama anak-anak.

Dikatakan salah seorang orang tua murid, Hariyanto,SS,SH sebagai orang tua murid sangat mendukung dan meng-apreciate kegiatan kearifal lokal yang diadakan oleh sekolah.

" Ini sebuah kegiatan positif, anak-anak bisa mengeluarkan minat dan bakatnya. Artinya, penanaman nilai-nilai adat, budaya dan rasa kebersamaan diantara mereka. Kegiatan ini, kalau bisa minimal diadakan setiap ada hari besar, seperti Hardiknas, 17 Agustusan dan lainnya," harap Ari. (Hr1)


No comments