Breaking News

Baznas Padang Khitan Gratis 681 Anak, Mufti Syarfi; Ringankan Keluarga Kurang Mampu

Ketua Baznas Kota Padang, M. Mufti Syarfie didampingi Wako Padang Hendri Septa menerima uang sebesar 25 juta dari LAZ Bank BTN Kota Padang untuk bantuan khitanan massal gratis. @rie St Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Badan amil zakat nasional (Baznas) Kota Padang kembali melaunching sunatan masal gratis dari keluarga tak mampu sebanyak 681 orang anak-anak di Palanta Rumah dinas Walikota dan dibuka langsung oleh Wako Padang Hendri Septa, Senin (26/12/2022). 

Dalam sambutannya, Ketua Baznas Kota Padang M. Mufti Syarfie mengatakan, sunatan yang sedari planningnya ditargetkan sebanyak 1000 orang anak. Akan, tetapi sampai hari H pelaksanaanya hanya terdaftar sebanyak 681 orang. Menariknya, juga ada dua orang yang diikuti oleh keluarga non muslim yang kurang mampu.

" Untuk prosesi khitanan dilaksanakan pada dua tempat yakni, Kantor Baznas Padang lantai III dan di Palanta Rumah dinas Wako Padang," ujar Mufti Syarfie.

Disamping itu, juga disupport sebanyak 20 sponsor yang ikut berpartisipasi dalam melaksanakan kegiatan sunatan masal kali ini, ucap Ketua Baznas Kota Padang Muhammad Mufti Syarfie.

" Kepada para sponsor kami ucapkan terimakasih atas dukungan dan terlaksananya kegiatan ini, dari sunah menuju berkah. Terkhusus kepada Yayasan Senarai Sumbar atas supportnya," imbuhnya.

Dikatakan Mufti, target pemasukan zakat tahun 2022 sebesar Rp24 miliar, sekarang baru terealisasi sebesar Rp 18 miliar. Sementara waktu tinggal Beberapa hari lagi, apakah target Rp24 miliar tersebut bisa tercapai. Di mana sisa target lebih kurang sekitar Rp 6 miliar lagi, ukarnya penuh optimisme

Sedangkan, tahun 2023 lanjut Ketua Baznas lagi, pemasukan zakat ditargetkan sebesar Rp22, 9 miliar. Diakui target realisasi zakat tahun 2023 sedikit lebih rendah dari tahun 2022. Karena hal itu disebabkan ada sebagian muzaki yang telah pindah keluar kota Padang.

Selain itu, Baznas Padang tahun 2023 bakal meluncurkan program ekonomi produktif dengan membangun Kampuang ekonomi. Program ini termasuk dalam kegiatan Padang Sejahtera, dalam upaya pengentasan kemiskinan di Kota Padang. Karena di Kota Padang terdapat sekitar 48 ribu lebih masyarakat miskin, urainya.

Kemudian, sunatan masal pesertanya ditargetkan 1.000 dari anak dari keluarga tidak mampu. Akan tetapi, yang mendaftar sampai pelaksanaannya sebanyak 681anak dan akan dituntaskan hingga dua hari kedepan.

Sementara itu, Walikota Padang Hendri Septa mengapresiasi, kegiatan khitan massal yang diselenggarakan oleh Baznas Padang selama empat hari dimulai pada Sabtu (24/12) hingga Selasa (27/12/2022) dengan jumlah yang luar biasa.

 “Kita do'akan semoga para donatur yang telah ikut membantu menyukseskan kegiatan khitan massal ini diberikan kelapangan rezki,” ujarnya.

Walikota milenial ini berharap kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar sampai satu hari ke depan. Selain itu bisa membantu keluarga tak mampu dalam melaksanakan khitan terhadap anaknya. 

Sebagaimana kita ketahui, tambah Hendri Septa, sebelumnya pada bulan Juni 2022 lalu juga telah diadakan khitanan massal gratis sebanyak 400 org. Artinya, Baznas Kota Padang sudah menyalurkan dana-dana yang terhimpun sesuai dengan porsinya, pungkas Hendri Septa memaparkan. (Hr1)

No comments