Breaking News

Optimalkan Peran Dekopinda, Rakerda Perdana dan Dorong Percepatan Ekonomi

Ketua DPD Dekopinda Kota Padang, Irwan Basir, SH, MM Dt Rajo Alam, bersama Ketua Panpel Amril 'Acik' Amin, S.AP memaparkan konsep dan planning Rakerda nantinya. @rie St Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Pengurus Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Padang segera menggelar rapat kerja daerah (Rakerda) tahun 2022, insyaallah akan digelar Sabtu (12/11/2022). 

Raker ini mengusung tema “optimalisasi peran dan fungsi Dekopinda Kota Padang dalam mendorong percepatan ekonomi kerakyatan secara kekeluargaan dan gotong royong 

Disamapaikan Ketua Pelaksana Amril 'Acik' Amin, S.AP, dirakerda nantinya kita bisa mengoptimalkan peran Dekopinda bagi pelaku usaha mikro dengan menggandeng pemerintah kota dalam hal ini Dinas Koperasi Kota Padang.

" Dekopinda Padang dibawah kepemimpinan Bpk Irwan Basir, SH, MM Dt Rajo Alam mampu mengayomi UMKM dan Koperasi. Kemudian, menghidupkan serta memajukan kembali koperasi yang sudah mati suri," tegas Acik Amin sapaan akrabnya, Kamis (10/11/2022) di Kawana Hotel Padang.

Ia melanjutkan, supaya kedepan koperasi tetap eksis. Makanya, nanti akan diberikan bimtek sentuhan ilmu yang bermanfaat bagi seluruh pengurus maupun pelaku UMKM yang ada di Kota Padang, terang Aciak Amin yang juga Wakil Ketua DPRD Padang ini.

” Nantinya Rakerda ini melibatkan sebanyak 170 peserta termasuk undangan. Rencananya Raker ini bakal dibuka Ketua Dekopimwil Sumbar,” ujar Ketua Panpel Amril “Acik” Amin yang didampingi Sekum Akhiruddin, S.Pd.

Masih Kata Acik panggilan akrab Amril Amin menambahkan, ke depan keberadaan koperasi di Kota Padang kembali hidup dari tingkat bawah smapai ke level atas. Maka dalam Raker ini panitia menghadirkan pengurus 25 koperasi terbaik di Kota Padang.

Sementara itu, Ketua Dekopinda Padang Irwan Basir Dt Rajo Alam SH MM mengatakan, pengurus Dekopinda Padang yang merupakan yang pertama menggelar Raker di antara Dekopinda kabupaten dan Kota di bawah jajaran Dekopinwil Sumbar.

" Kita mengharapkan Raker ini berjalan sukses sesuai dengan tujuan untuk menggeliatkan kembali koperasi di Kota Padang,” ucap Irwan Basir.

Nah, tujuan Rakerda mengangkat, mengukur dan menata kembali koperasi secara by name by addres. Selanjutnya, akan menggandeng pihak kejaksaan maupun kepolisian sebagai penguatan lembaga koperasi, ujar Datuk IB sapaan akran Irwan Basir.

Diharapkan Irwan, Kepala daerah melalui SKPD – nya Dinas Koperasi dan UMKM untuk bersinergi dengan Dekopinda untuk membumingkan koperasi kembali. Sehingga dengan sendirinya bisa mensejahterakan anggotanya yang merupakan masyarakat. Selain itu, pemikiran cerdas dari Bung Hatta jangan hanya sekadar seremonial belaka,” ujar Irwan.

Ditambahkan Irwan, diharapkan Diskop UMKM untuk menghidupkan kembali koperasi di Kota Padang yang belakangan ini banyak mati suri. Dari 700 lebih Koperasi yang ada, hanya 410 yang masih berjalan dan itu pun butuh pembinaan dari pemerintah dan Dekopinda. 

" Agenda utamanya mencarikan solusi kemajuan bagi pelaku perkoperasian dengan cara positif, tidak lagi sebagai komsumtif. Akan tetapi, lebih inofatif, kreatif dan produktifitas," pungkas orang nomor satu di DPD Dekopinda Padang ini. (Hr1)


No comments