Breaking News

Zulhardi 'Buya' Z Latif Lantik Pengurus PMR SMAN 5 Padang Periode 2022-2023

Ketua PMI Kota Padang, Zulhardi 'Buya' Z Latif yang juga alumni SMAN 5 Padang melantik pengurus PMR SMAN 5 Padang periode 2022-2023 usai menjadi irup, Senin (26/9/2022). @rie St Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Ketua umum Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang Zulhardi 'Buya' Z Latif, SH, MM yang juga Anggota DPRD Kota Padang  melantik pengurus Palang Merah Remaja (PMR) SMAN 5 Padang periode 2022-2023 dan sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara bendera, Senin (26/9/2022).

Zulhardi Z Latif juga merupakan alumni SMA Negeri 5 Padang, satu-satunya alumni yang menjabat sebagai Ketua PMI Kota Padang.

Bertindak sebagai pembina upacara, Zulhardi menyampaikan ucapan terimakasih kepada pengurus PMR yang lama, yang sudah mengabdi selama ini. 

Ia juga sangat mengapresiasi sekali PMR SMA Negeri 5 Padang, yang selama ini selalu aktif, baik dalam struktur yang selalu berubah dan diganti setelah habis masa jabatan dan kemarin juga melaksanakan Diklatsar.

"Berakhir jabatan bukan berakhir kepengurusan dan perhatiannya terhadap PMR di SMAN 5 dan bagi adek-adek yang nantinya sudah menamatkan pendidikan di SMAN 5 juga bisa melanjutkan kegiatan ini, keperguruan tinggi yaitu KSR," ungkap Zulhardi yang juga Ketua IPSI Kota Padang.

Selanjutnya Zulhardi juga menjelaskan kepada pengurus PMR yang baru dilantik bahwasannya Palang Merah Remaja adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI.

Ia juga memaparkan tugas dari para anggota PMR yaitu untuk memberi pertolongan pertama untuk kesehatan ketika ada teman atau murid sekolah yang mengalami sakit atau kecelakaan ringan di lingkungan sekolah yang membutuhkan pengobatan. 

"Kalau untuk PMI Kota Padang sendiri selalu tampil saat masyarakat membutuhkan seperti pencarian orang hanyut, kebakaran, bencana banjir, longsor dan lain-lainnya," ungkapnya.

Lebih lanjut Zulhardi juga menjelaskan tujuan dari Ekskul PMR di adakan di sekolah atau palang merah remaja adalah untuk melatih dan membentuk jiwa kemanusiaan para anggotanya, agar mereka bisa memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kemanusiaan sejak usia dini.

Terakhir Zulhardi berharap kepada Pengurus PMR SMA N 5 Padang, agar semakin hari semakin giat berlatih. Karena pada tahun 2023 akan ada jumbara PMR tingkat nasional di Lampung. 

"Mudah-mudahan nanti ada pesertanya berasal dari SMA Negeri 5 Padang. Karena peserta yang dikirim nanti akan di seleksi di seluruh sekolah yang ada di Sumatera Barat," ungkapnya.

Sementara itu Kepsek SMA Negeri 5 Padang Azwarman mengatakan, sangat bahagia dan bangga atas dilantiknya PMR Wira SMA Negeri 5 Padang oleh Ketua PMI Kota Padang.

"Semoga PMR Wira yang baru dilantik bisa melahirkan ide-ide yang baru untuk meningkatkan semangat anggotanya dan bisa menjadi garda terdepan dalam kegiatan dan penanganan kasus kesehatan di sekolah," ungkap.

Azwarman juga mengungkapkan bahwa dalam rangka HUT SMA Negeri 5 Padang nanti, Ia bersama PMR Wira SMA Negeri 5 Padang akan melaksanakan donor darah bekerjasama dengan PMI Kota Padang dan Kecamatan.

Untuk itu Ia berharap PMI Kota Padang bisa melakukan pembinaan kepada PMR Wira SMA Negeri 5 Padang.

Tampak hadir dalam acara ini, Erianto Ketua PMI Kecamatan Kuranji, Dori Eka Putra Sekretaris PMI Kecamatan Kuranji, Beni Darta Bidang Humas.(Hr1/Dori)

No comments