Kasma Efendi Buka Lomba Mars Dasawisma dan UMKM se Kelurahan Kuranji

Kasma Efendi, S. Sos Lurah Kuranji didanpingi Ketua PKK Julia Hafni memberikan piala kepada peserta terbaik lomba. @rie st Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Pasca pandemi Covid-19 yang melanda hampir 2,5 tahun membuat luluh lantak sektor perekonomian masyatakat. 

Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji mengadakan lomba Mars Dasawisma dan produk UMKM olahan tangan kreasi ibu-ibu RW/RT, Rabu (1/6/2022) di Aula Serbaguna Belimbing.

Dalam sambutannya, Lurah Kuranji Kasma Efendi, S. Sos mengatakan, kegiatan lomba ini merupakan murni pergerakan dari ibu-ibu PKK dan RT/RW se Kelurahan Kuranji dengan sistem 'Badoncek' sehingga lomba ini dapat terlaksana.

Setelah meredanya, ekonomi mulai dikit demi sedikit kembali merangkak naik. Nah, dengan adanya lomba ini kami sangat bangga juga apresiasi melihat adanya kekompakan dan rasa kebersamaan ibu-ibu RT/RW dan PKK, sehingga acara ini bisa terlaksana se Kelurahan Kuranji malahan, pungkas Kasma penuh bangga.

Tujuan kegiatan lomba ini, Lanjut Kasma Efendi, sebagai wadah silaturahmi dan memupuk rasa kebersamaan, kekompakan antara ibu RT/RW dengan warga. Artinya, bagaimana bisa ibu-ibu bisa berkolaburasi  dalam melahirkan ide-ide kreatif yang bernilai ekonimi, pinta Kasma Lurah nan rendah hati ini.

" Sebagai lurah Kuranji, kami terus dan sangat mendukung apa-apa yang dilahirkan secara bersama di lingkungan RT/RW, selagi kegiatan positif, bahkan bernilai ekonomi juga yang terpenting, selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan. Sebab, tanpa ini semua kami di kelurahan tidak ada artinya apa-apa," pungkasnya.

Sementara itu, Julia Hafni yang juga Ketua PKK Kelurahan Kuranji mengatakan, Lomba Mars Dasawisma ini mengangkat tema " Memupuk jiwa kebersamaan bersama kader PKK dan kelompok UP2k/UMKM dengan menggunakan bahan olahan sendiri atau lokal dengan berbahan sampah plastik dan lainnya.

Selain itu, lanjut Julia Hafni, harapannya ibu-ibu bisa menggali potensi diri yang ada, baik itu bakat kesenian maupun kerajinan. Nah, dengan adanya bakat tersebut, bisa menghasilkan sehingga dapat membantu menopang ekonomi keluarga, harapnya.

" Juga, ibu-ibu mesti bisa memanfaatkan lahan perkarangan rumah dengan menanam tanaman optik hidup, sayuran hidroponik. Maksudnya, jika tanaman tumbuh subur, bisa di manfaatkan untuk kebutuhan harian atau bahkan dijual. Sehingga, ada penghematan dan menghemat uang dapur untuk keluar," beber Julia.

Oleh karena itu, juara bukanlah tujuan, pemenang bukanlah yang hebat. Akan tetapi, bagaimana kita memupuk rasa kebersamaan antar sesama warga seperti apa yang dipesankan Pak Lurah sebelumnya, ujar Julia sembari berpesan. ( Hr1)

Posting Komentar

0 Komentar