Breaking News

Aksi Geber Emas Infonesia Mendapatkan Respon Positif Masyarakat

Tingginya animo masyarakat melakukan aksi bersih dan mengumpulkan sampah rumah tangga menjadi bernilai ekonomi melalui Forum Bank Sampah Geber Emas. @rie st Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Aksi Gerakan Bersama Edukasi Masyarakat (Geber Emas) yang diadakan Forum Bank Sampah Memilah Sampah Menabung Emas (BS MSME) Indonesia mendapat respon positif masyarakat.

Hal itu terlihat dari tinnginya animo masyarakat melakukan aksi bersih-bersih sampah rumah tangga. Ini salah satu bentuk dukungan positif yang diberikan kepada Forum Geber Emas tersebut.

Salah seorang warga Rimbo Kaluang, Kecamatan Padang Barat telah melakukan aksi tersebut saat disela-sela penyerahan tas berbelanja berbahan non plastik.

"Saya sangat mendukung kegiatan Geber Emas ini, karena banyak manfaatnya seperti kita diajak bersih rumah tangga dari sampah terutama sampah plastik," ucap Nani, Minggu (12/6-2022).

Aksi Geber Emas yang dihelat di GOR Agussalim dalam rangkaian Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, resmi dibuka Kadis Lingkungan Hidup diwakili

Kepala bidang Kemitraan, komunikasi dan Program DLH Kota Padang, Innsanul Rizky ST.

Menurut Rizky, aksi Geber Emas ini sangat perlu didukung semua pihak karena dapat mengurangi timbulan sampah terutama sampah plastik.

Kita sangat khawatir karena produksi sampah hampir mencapai 500 ton perhari. Jika kondisi ini tak segera diantisipasi maka diperkirakan TPA takkan bisa lagi menampung sampah empat sampai lima tahun kedepan.

" Untuk itu, harapnya, aksi Geber Emas ini perlu kita dukung dan terus dilakukan secara terprogram bersama penggiat lingkungan," ujar Innsanul sembari berharap.

Sementara Deputy Bisnis Pegadaian Area Padang, Januardi menyatakan bahwa pihaknya selalu berkomitmen untuk membantu kegiatan bank sampah dalam upaya mengurangi timbulan sampah.

Hal senada ditambahkan oleh Ketua Forum BS MSME Indonesia, Mina Dewi Sukmawati berharap selepas aksi Geber Emas semua peserta agar dapat menjadi duta literasi untuk entaskan timbulan sampah plastik di masyarakat.

Kegiatan aksi Geber Emas yang turut didukung Pegadaian, Forum BS MSME, BS Pancadaya, Walhi, J&T, UNP, Ecobby, Crown, ASR dan Gilpras ini,.

Sementara itu, menurut Ketua Panitia Forum BS MSME, Eko Muhardi turut diwarnai penandatanganan Komitmen Bersama Geber Emas Kurangi Sampah Plastik dari Sumber Timbulan Sampah Plastik.

Juga panitia bersama mitra dan pengurus bank sampah memberikan literasi dan edukasi penggunaan tas belanja berbahan non plastik kepada masyarakat serta pemberian dooprize. (**)

No comments