Breaking News

Lakukan Pengabdian Masyarakat, FIB Sastra Inggris Unand Jalin Kerjasama dengan Panti Asuhan Pondok Tahfidz Al Fath Tauhid

Ketua Jurusan Sastra Inggris Unand, Fakultas Ilmu Budaya Novalinda, SS, M. Hum didampingi beberapa orang Dosen foto dengan Ketua Dewan Penyantun/Pembina Panti Asuhan dan Pondok Tahfidz Al Fath Tauhid Padang Hariyanto, SS, SH yang juga Alumni Sastra Inggris Unand. @rie Sutan Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Dalam rangka mengimplementasikan tugas pokok perguruan tinggi, yakni tri dharma perguruan tinggi khususnya dibidang pengabdian masyarakat, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas (FIB- Unand), Jurusan Sastra Inggris perkuat kerjama dengan Panti Asuhan dan Pondok Tahfidz Al Fath Tauhid Padang.

Hal tersebut diperkuat saat penanda tanganan nota kesepahaman atau memorendum of understanding (MoU) kedua belah pihak, Selasa (24/5/2022) di Aula Jurusan Sastra Inggris Unand, Komplek Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Hadir saat penanda tanganan MoU, Hariyanto, SS, SH St Malin Mudo selaku Ketua  Penyantun/Pembina Panti Asuhan dan Pondok Tahfudz Al Fath Tauhid Padang. Sedangkan pihak jurusan Sastra Inggris langsung ditanda tangani oleh Novalinda, SS, S. Hum yang juga Ketua Jurusan (Kajur)

Selain, Kajur Novalinda, juga disaksikan oleh Koordinator unit pengabdian Kepada Masyarakat Ayendi, SS, M. Pd, M. Hum dan dihadiri oleh beberapa orang dosen lainnya, diantaranya, Sekretaris Jurusan Juprianto, Marliza Yeni, Dian, Diah Tjahaya Iman dan Zulfakhri Datuk Majo Datuk.

Disampaikan Novalinda, SS, M. Hum, kerjasama ini merupakan salah satu program tahunan dari jurusan dalam hal pengabdian masyarakat, sekaligus pemberdayaan Langguage Teaching Methodoligy peningkatakan kapasitas mahasiswa dan dosen untuk penerapan kompetensi berbahasa Inggris terhadap santri di Pondok Tahfidz Al Fath Tauhid.

" Sejauh ini kita telah lakukan beberapa kali pertemuan dengan santri. Alhamdulillah ada kemajuan dan chemistrynya, ditambah para santri sangat enjoy menerima materi dan bahan ajar yang kami berikan," Ujar Novalinda yang juga Alumni Sastra Inggris Unand ini.

Nova begitu sapaannya menambahkan, kita merekomendasikan Panti Asuhan dan Pondok Tahfidz Al Fath Tauhid Padang ini, selain komunikasi lancar baik dengan anak-anak dan pengurus. Bagusnya lagi, Ketua Dewan Pembinanya juga Alumni dari Sastra Inggris Unand, imbuhnya sembari tersenyum.

Penanda tanganan MoU antara Pihak Panti Asuhan dan Pondok Tahfidz Al Fath Tauhid Padang dengan Jurusan Sastra Inggris Unand.

Senada dengan Novalinda, Koordinator Unit pengabdian kepada masyarakat Ayendi, SS, M. Pd, M Hum menambahkan, program ini nantinya memberikan pelatihan peningkatan kompetensi bahasa inggris peserta didik/santri dari para dosen yang diturunkan.

" Selain itu, juga sebagai wadah bagi para mahasiswa melakukan praktek langsung  studi Langguage teaching methodology secara face to face terhadap santri," beber Aye begitu ia dipanggil.

Aye melanjutkan, ruang lingkup kerjasama ini diantaranya, pengembangan kompetensi sumber daya manusia, pendayagunaan mahasiswa, penyelenggaraka pelatihan, penyelenggaraan sharing session.

Masih kata Aye, untuk termen pertama ini kita lakukan kontrak kerjasama selama satu tahun. Namun, bisa kita lanjutkan sejauh kesepakatan, kenyamanan dan ilmu yang diberikan dapat diterima oleh para santri.

Sementara itu, Ketua Dewan Penyantun/Pembina Panti Asuhan dan Pondok Tahfidz Al Fath Tauhid Padang, Hariyanti, SS, SH mengucapkan rasa syukur dan sangat berterima kasih kepada pihak FIB, walkhusus Jurusan Sastra Inggris Unand yang telah menunjuk dan memilih Pondok kami sebagai tempat pengabdian, sharing knowledge terutama dibidang bahasa Inggris.

" Semoga niat baik dari pihak Jurusan memberikan ilmu-ilmu dan bahasa Inggris kepada santri, kami hanya bisa membalas dengan do'a agar ilmu yang bermanfaat ini dibalasi oleh Allah SWT dengan pahala yang berlipat ganda," pungkas Arie yang juga Alumni Sastra Inggris Unand ini dan diamini peserta yang hadir. (Hr1)

No comments