Irwan Basir; Pernikahan Hal Sakral, Menyatukan Dua Keluarga Berbeda Menjadi Satu

Ketua DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir, SH, MM Datuk Rajo Alam memberikan nasehat pernikahan kepada pasangan Pratu Ilham Saputra dan Miming Putri Ningsih. @rie St. Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Pernikahan merulakan hal yang sakral, bukan saja menyatukan pasangan untuk menjadi suami isteri. Akan tetapi, lebih dari itu pernikahan itu menyatukan dua keluarga besar yang selama ini tidak saling mengenal. Dengan adanya ikatan pernikahan ini, maka menambah hubungan silaturahmi persaudaraan dua buah keluarga besar menjadi satu.

Hal tersebut dikatakan Ketua DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir Dt. Rajo Alam saat menjadi saksi nikah pasangan Pratu Ilham Saputra dan Miming Putri Ningsih yang merupakan Keponakan Anizar Pandeka dirumah mempelai wanita Jalan Kampung Manggis Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang, Sabtu (7/5/2022) pagi.

Lebih lanjut Irwan Basir mengatakan, seorang lelaki yang sudah menikah maka kedudukannya menjadi ” urang sumando” dikeluarga isterinya yang apabila dipanggil harus datang dan apabila disuruh harus pergi dan sang istri sudah menjadi tanggung jawab sepenuhnya.

Masih kata Ninik Mamak Jambak Nan Batujuah ini, Dalam adat Minangkabau kita mengenal istilah empat macam urang sumando yaitu : urang sumando kacang miang, urang sumando lapiak buruak, urang sumando langau hijau dan urang sumando ninik mamak.

" Mudah- mudahan nanti ananda Ilham dapat menjadi urang sumando ninik mamak yang bijak dalam bertindak bisa mengayomi dan membangun bahtera rumah tangga yang Samawa," ujar Irwan Basir.

Selain itu, Ketua Majelis Pimpinan Adat Kerapatan Adat Nagari (MPA KAN) Pauh IX ini juga menitipkan pesan kepada mempelai wanita Miming, agar pandai-pandai membawakan diri dirumah mertua. 

“Hormati dan sayangi kedua mertua kita karena mertua tersebut sudah menjadi orang tua kita. Bergaulah dengan keluarga besar suami dan jaga selalu kehormatan suami kita dimata keluarga, ” pesan tokoh masyarakat Kota Padang ini.

Kemudian, khusus bagi Miminh, sebagai isteri dari aparat TNI, kita harus memahami tugas – tugas suami yang apabila negara memanggilnya, isteri harus siap ditinggal tugas oleh suami, ” tambahnya.

Terakhir, Irwan Basir mendoakn semoga kedua mempelai menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warrahmah dan dikaruniai anak-anak yang shaleh dan shaleah yang berguna bagi agama dan bangsanya.

“Selamat menempuh hidup baru bagi Ilham dan Miming. Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warrahmah. Saciok ba ayam sadanciang bak basi. Seiya sekata, sebiduk sependayungan menuju pulau rumah tangga yang bahagia,” doa Irwan Basir di akhir pesan-pesan yang disampaikannya. (Hr1/Nal)

Posting Komentar

0 Komentar