Breaking News

Halal bi Halal Jambak Badunsanak se Sumbar, Irwan Basir; Momen Mamupuak Raso Managuahkan Silaturahmi

 

Panghulu Jambak Na Batujuh, Irwan Basir SH, MM Datuk Rajo Alam yang juga Ketua DPD LPM memberikan sambutan posisitf kapada peserta halah bihalal. @rie St. Main 


Padang, Lamosai.com- Dipenghujung bulan Syawal, Perhimpunan Suku Jambak yang tergabung dalam Jambak Badunsanak mengadakan Halal bi Halal se Sumatera Barat bertajuk ' Mamuouak Raso Managuah silaturahmi' (Menumbuh kembangkan rasa sebagi penguatan ukhuwh Islamiah), Minggu (29/5/2022) di Aula serba huma YABNI kota Padang, Kelurahan Aie Pacah, Kota Padang.

Hadir saat Halal bi Halal dari berbagai perwakilan Jambak Badunsanak (Perkumpulan Suku Jambak Ampek Janjang) Kota/Kabupaten se Sumatera Barat, diantaranya; Perwakilan Kota Sawahlunto, Sinjunjung, Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat.

Selanjutnya, juga hadir dari perwakilan , Jambak Pariaman, Jambak Pesisir Selatan, Jambak Payakumbuh, Limapuluh Kota, Agam dan Jambak dari Kota Padang.

Kemudian juga dihadiri oleh Panghulu suku Jambak Nan Batujuh Irwan Basir  SH, MM Datuk Rajo Alam, Mulyadi Muslim, Budiman dan tokoh-tokoh lainnya.

Panghulu Suku Jambak Nan  Batujuah, Irwan Basir mengatakan, Halal bi Halal Suku Jambak Badunsanak se Sumbar ini sebuah pencapaian dan langkah positif tempat sekaligus wadah berkumpulnya angku-angku Datuk, para ninik mamak, sumando, kamanakan dan bundo kanduang dalam interaksi sosial.

Lanjut Datuk IB, pertemuan ini juga bisa nantinya merumuskan embrio positif demi kemajuan dan bersatunya seluruh suku Jambak di Ranah Minang, bahkan sampai ke internasional.

" Ini momennya suku Jambak melihatkan eksistensinya dengan membangun komunikasi, serta truth agar bisa saling bersinergi dan diimplementasikan dalam hidup bermasyarakat sosial," Ujar Datuk IB yang juga Ketua MPA Kuramji p

Masih kata Irwa  Basir di Jambak Badunsak memang bukan dan ditenggarai politik. Akan tetapi personnya silahkan saja, karena itu hak dipilih dan memilih. Artinya, jika kita berada dberada didalamnya. Maka,  apapun bisa kita lakukan sejauh demi kepengan bersama._

Usman Jambak Khatib Batuah Ketua Panitia yang juga didampingi Yong Hendri Datuk Panduko Reno mengatakan, acara ini tarlaksana atas inisiatif sudah kompak dan banyaknya group WA. 

Kemudian, kami coba komunikasi dengan para Datuk, Angku Ninik Mamak maka acara ini bisa terlaksana, meskipun jauh dari kesempurnaan. 

" InsyaAllah siap lebaran Idul Adha akan kita adakan pertemuan akbar. Selanjutanya, nanti kita program jangka panjang pembangunan Masjid Rang Jambak, Koperasi, Rumah sakit kapan perlu rumah jumpo Rang Jambak," pungkas Yong Hendri Datuk Panduko Reno.

Senada dengan hal tersebut diatas, Tokoh Sumbar Budiman, S.Ag, M. Pd mengatakan, ini saatnya momen Rang Jambak Badunsanak bangkit dan muncul di semua lini.

" Apalagi, mak Datuk Irwan Basir beliau cukup menjadi teladan di Kota Padang. Dengan jiwa sosialnya, kesetiakawanannya, kedermawanannya dan kepedulian beliau tidak ada membedakan kasta. Maka dari itu, suku Jambak khususnya Jambak Badunsanak sepakat mendukung Mak Datuk IB maju memimpin 2024 mendatang," tegas Budiman sembari ditepuki oleh hadirin lainnya. (Hr1)

No comments