Coffee Morning bersama Masyarakat Durian Tarung, Irwan Basir; Bersama kita Bangun Negri ini

Tokoh Kuranji, Kota Padang Irwan Basir, SH, MM Dt. Rajo Alam yang juga Ketua DPD LPM Kota Padang habis bincang dan coffee morning bersama masyarakat Durian Tarung, juga menyerahkan bantuan untuk pembangunan Masjid. @rie St. Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Tanpa diskenario dan setingan, Tokoh Kota Padang Irwan Basir, SH, MM Datuk Rajo Alam juga putra asli Kuranji singgah ngopi pagi sembari santapan sate bersama ninik mamak dan masyarakat Durian Tarung, Kelurahan Pasar Ambacang, Minggu (29/5/2022) pagi.

Dalam bincang-bincang ringannya, Irwan Basir memaparkan, saat ini dinamika perkembangan masyarakat yang saat ini semakin maju dan heterogen harus disikapi dengan bijaksana dengan kearifan lokal yang kita miliki. 

Kecamatan Kuranji yang juga dikenal dengan Nagari Pauh IX juga tak luput dari dinamika tersebut. Banyaknya komplek perumahan yang berdiri di Kecamatan Kuranji adalah salah satu faktor pertambahan penduduk di wilayah kecamatan ini.

Datuk IB melanjutkan, oleh karena itu, kita harus merangkul warga dari semua suku, etnis dan warga baru di Kuranji ini. Tidak ada lagi saling beda membedakan, tidak ada lagi istilah pribumi dan pendatang, yang ada hanya kita satu kesatuan dalam bingkaian ke Bhineka tunggal ika di ranah Bingkuang ini, tegasnya.

" Kecamatan Kuranji sekarang sangat heterogen. Sudah banyak saudara kita dari daerah lain yang menetap di sini dan menjadi warga di sini dan sudah berbaur dengan masyarakat kita. Ini salah satu dinamika perkembangan penduduk  yang tidak dapat kita tolak," imbuh tokoh yang peduli sosial ini.

Di samping itu, Irwan Basir juga mengatakan selaku Nagari yang berada dalam perkotaan, Kecamatan Kuranji secara administrasi tentu  berada dalam pemerintah daerah Kota Padang, dan sebagai nagari, kecamatan Kuranji adalah nagari Pauh IX yang punya nilai-nilai  adat dan tradisi budaya dengan kearifan lokal yang dimilikinya.

Suasana coffee morning bersama tokoh dan ninik mamak di Durian Tarung.

Lebih lanjut dikatakan, kecamatan Kuranji atau nagari Pauh IX banyak memiliki tokoh-tokoh yang sudah berkiprah baik di tingkat Kota, Propinsi maupun tingkat Nasional. 

"Kuranji juga tidak kalah dari daerah lain. Kita banyak memiliki SDM unggul di berbagai bidang. Sudah banyak tokoh-tokoh dari Kuranji yang sudah berkiprah bahkan sampai ke tingkat Nasional. Ini suatu kebanggan bagi kita dan harus tetap dipertahankan dan dikaderkan agar ada generasi sekarang yang mengikuti jejak pendahulunya," ujar Irwan Basir lagi.

Disesi terakhir bincang lapau, Datuk IB juga menyerahkan uang bantuan kepada pengurus Masjid Raya Durian Tarung, Pasa Ambacang.

Senada dengan Irwan Basir,  Zaharman salah seorang tokoh masyarakat juga eks Anggota DPRD Padang mengharapkan agar tokoh dari Kuranji tetap bisa berbicara di tingkat Kota Padang atau Propinsi. 

Mantan anggota DPRD kota Padang dua kali ini optimis akan selalu ada tokoh dari Kuranji yang mengikuti jejak pendahulunya. Apalagi, sosok Datuk IB hanya menikam jejak. Beliau juga anak dari seorang mantan anggota DPRD, beliau juga Akademisi, birokrasi, seorang ninik mamak. Oleh karenanya, sudah layak beliau memimpin negri ini, tegas Zaharman.

Terakhir, selama ini belum ada dari Kuranji yang maju memimpin Kota Padang, kita sangat berharap Datuk IB mau mengabdikan dirinya bagi masyarakat Kota Padang, itu harapan kita semua, pinta Zaharman. (Hr1)


Posting Komentar

0 Komentar