Breaking News

MTQ Tngkat RW 5 Masjid Baitul Jihad, Tanamkan dan Ciptakan Generasi Milenial yang Qur'ani

Ketua Panitia H. Ildamsyah, S.KM mendampingi Ketua Pembina Masjid Bakri beserta Sekretaris Veri Afrimanto menyerahkan hadiah berupa bingkisan dan uang tunai kepada para pemenang lomba semarak qimuramadhan. @rie Sutan Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Dalam rangka menyemarakan qiyamuramadhan dan memperingati nuzul Qur'an 1443H, Masjid Baitul Jihak, Komplek Filano tahap 2, Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah, Kecamatan Padang mengadakan lomba MTQ dan azan tingkat SD-SLTP se RW 05, Selasa (19/4/2022) malam.

Dikatakan Ketua Panitia H. Ildamsyah, S. KM yang didampingi Sekretarisnya Vueri Afrimanto, momen MTQ ini merupakan program rutin tahunan pengurus didalam bulan ramadhan setiap memperingati nuzul qur'an.

Dilanjutkan Ketua Koordinator PHBI Masjid Baitul Jihad ini, kali ini diikuti oleh peserta anak-anak TPQ kita. Kemudian, peserta pesantren ramadhan di Masjid ini dan juga bagi anak warga yang stay di Komplek Filano tahap 2 ini, ujanya.

" Artinya, juga boleh diikuti oleh anak-anak diluar TPQ dan di luar pesantren ramadhan. Akan tetapi, mereka menetap disini juga dilibatkan sebagai peserta," pungkas H. Ildamsyah memberikan keterangan usai penutupan acara.

Disamping Qiyamu ramadhan dan nuzul qur'an kata H. Ildamsyah lagi, kegiatan ini juga membiasakan dan ajang mengasah mental juga kemampuan anak-anak dimuka umum, pertunjukan terbaiknya atas ilmu yang telah didapatkan selama mengaji di TPQ.

" Alhamdulillah, bagi pemenang harapan I, Juara 1,2 dan 3 kita berikan bingkisan, sertifikat plus uang tunai. Artinya, hadiah tersebut bisa langsung dimanfaatkan bagi anak-anak," terang H. Ildamsyah lagi.

Hal senada ditambahkan Sekretaris Panitia, Veri Afrimantomeskipun awalnya kami pesimis dengan kegiatan akbar ini. Namun, karena semangat kebersamaan ditambah keseriusan panitia juga pengurus, terus disokong penuh oleh warga (Badoncek) sehingga acara MTQ dan Lomba azan ini bisa juga terlaksana selama empat malam, imbuhnya.

" Melihat acara mulai, animo anak-anak cukuplah tinggi. Sehingga, semangat mereka untuk ikut lomba begitu banyak dan membuat Masjid rame. Kami senang, kami bangga rasanya," ujar Veri yang juga wakil Sekretaris I Masjid Baitul Jihad ini.

Veri menambahkan, kita mengembalikan generasi muda yang tangguh, memiliki kharakter, mencintai Masjid dan terutama mencintai alqur'an. Atau kata lain, generasi muda yang qur'ani.

Sementara itu, Ketua RT 03 Mukti Diapepin, S. Sos, MM mengatakan, sebagai ketua RT kami sangat bangga dan apresiasi atas kinerja pengurus dan panitia. Meskipun dengan pendanaan swadaya masyarakat, akan tetapi bisa berjalan lancar dan sukses.

" MTQ dan Lomba azan tingkat SD-SLTP ini sebagai ajang pembinaan mental, akhlak dan spritual anak didik generasi muda dalam menyongsong dan menghadapi zaman moder  era digitalisasi ini," pungkas Pepin sapaan akrabnya.

Disesi terakhir, sekaligus menutup acara MTQ dan Lomba Azan, Ketua RW 05 Hadismar mengatakan, meskipun acara dilaksanakan dengan pendanaan yang terbatas, namun semangat juang panitia, pengurus dan warga luar biasa. Sehingga acara dapat terlaksana, terimakasih semuanya, ujarnya.

" Bagi yang mendapatkan juara atau pemenang janganlah jumawa, pertahan dan tingkatkan serta amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya, bagi yang belum tingkatkan lagi cara belajar dan disiplinnya," pesan Ketua RW untuk peserta lomba.

Terakhir, kalah menang bukanlah tujuan utama. Namun, yang terpenting bagaimana ananda semua bisa menerapkan nilai-nilai agama yang terkandung dalam alqur'an untuk barometer kehidupan kita sehari-hari, pinta Hadismar.

Sebab apa, saat ini mental dan rasa mencintai, mempelajari alqur'an sudah mulai tergerus dikalangan generasi muda. Mereka sibuk dan terpengaruh era digitalisasi tau gadge. Nah, mudah-mudahan lomba MTQ dan lomba azan ini bisa terpatri di hati anak-anak mereka selalu rindu dan mencintai alqur'an sebagai pedoman hidup saat ini dan nantinya, ujar Ketua RW 05 penuh harapan. (Hr1)


No comments