Breaking News

Aliansi BEM SI Sumbar, Sampaikan Tuntutan ke DPRD Sumbar saat UnRas

Lautan mahasiswa memadati jalan Khatib Sulaiman dan S. Parman saat mengadakan unjuk rasa menyampaikan aspirasi di gedung DPRD Propinsi Sumatera Barat. Dok. Istimewa


Padang, Lamosai.com- Ribuan mahasiswa yang tergabung dalam BEM SI Sumbar memadati dua ruas jalan utama Kota Padang, yakni jalan Khatib Sulaiman dan S. Parman saat menggelar aksi unjuk rasa damai, Senin (11/4/2021). Sebagian ruas jalan tersebut ditutup karena dijadikan lokasi mahasiswa berorasi menyampaikan tuntutannya.

Pantauan di lokasi unjuk rasa, peserta aksi datang bergelombang. Gelombang pertama tiba di depan gerbang DPRD Sumbar sekitar pukul 12.45 WIB. Ribuan massa mahasiswa yang datang pertama kali berasal dari Universitas Bung Hatta (UBH), UIN Imam Bonjol dan beberapa kampus lainnya.

Kemudian, sekitar pukul 14.00 WIB, dua rombongan besar berkumpul di persimpangan jalan Khatib Sulaiman. Mereka berasal dari Universitas Negeri Padang (UNP) dan Universitas Putera Indonesia (UPI). Usai merapikan barisan, kedua rombongan besar tersebut bergerak menuju gedung DPRD Sumbar.

Tak berselang lama, dua rombongan besar lainnya yakni dari Universitas Andalas (Unand) dan Politeknik Negeri Padang (PNP) tiba di Jalan Khatib Sulaiman. 

Ribuan mahasiswa tersebut datang dengan konvoi kendaraan roda 2 dan sejumlah angkot.

Berdasarkan pantauan di dua jalan utama tersebut, ribuan peserta aksi terus berdatangan menjelang pukul 15.00 WIB. Mereka diperkirakan berasal dari belasan perguruan tinggi yang ada di Padang dan Sumbar.

Salah peserta demo, Khairul dari UBH mengatakan, massa memang datang bergelombang.

“Kami memang datang duluan, karena kebetulan kampusnya agak dekat. Nanti disusul teman-teman dari UNP dan Unand,” kata Khairul.

Kami meminta atau menuntut kepada pemerintah, pertama turunkan harga minyak goreng, atasi kelangkaan BBM khususnya solar dan batalkan wacana 3 periode, tegasnya.

Sementara itu, pihak kepolisian  Polda Sumbar menurunkan sebanyak 892 orang personelnya untuk memberikan pengamanan aksi unjuk rasa (unras) yang dilakukan oleh mahasiswa di Sumatera Barat, Senin (11/4) di Padang. 

Diketahui, unjuk rasa tersebut akan dilakukan di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar, sekira pukul 13.00 WIB.

"Untuk pengamanan demo nanti, dari Polresta menurunkan personel sebanyak 450 orang dan dari Polda untuk memback up sebanyak 442 perseonel," kata Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu, S.Ik 

Disebut Kombes Pol Satake Bayu, seluruh personel kepolisian yang melakukan pengamanan harus mengedepankan humanis, tidak arogan, serta profesional.

"Pokoknya untuk personel kami tekankan untuk bertindak secara humanis, tidak arogan dan bertindak secara profesional," ujarnya.

Selain itu, guna mengantisipasi adanya kelompok yang menunggangi aksi unjuk rasa oleh mahasiswa tersebut, pihaknya juga menggerakkan intelijen. (Hr1)

No comments