Breaking News

Riko Andrian Dilantik Fadli Zon Pimpin HKTI Kabupaten Solok

RIko Andrian Putra diamanahkan oleh Ketua Umum DPN HKTI Kabupaten Solok periode 2022-2022. Ia bertekad memajukan pertanian Kabupaten Solok menunu petani moderen. Dok. Istimewa


Kabupaten Solok, Lamosai.com - Riko Andrian Putra pimpin Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Solok periode 2022-2027.

Tokoh muda Kabupaten Solok, Riko Andrian Putra dilantik Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPN HKTI) Fadli Zon sebagai ketua DPC HKTI Kota Padang periode 2022-2027, Jumat (18/3) di Hotel Truntum Padang. Bersama pengurus lainnya.

" HKTI Sumbar diharapkan menjadi organisasi yang bisa membantu para petani lebih sejahtera," pinta Fadli Zon.

Ketua HKTI Kabupaten Solok yang akrab di sapa Riko ini mengakui, lahan pertanian di Kabupaten Solok memang sangat luas tapi seiring perjalanan waktu terus berkurang.

Terutama, lanjut Riko dengan masifnya pembangunan perkantoran dan perumahan di Kabupaten Solok. Namun, hal itu tidak menutup kemungkinan petani mendapatkan kesejahteraan, karena kebutuhan pasar yang tinggi.

“Apalagi kita sadar, agak susah menambah jumlah petani karena dianggap sebagai pekerjaan yang kurang keren. Untuk itulah, HKTI Kabupaten Solok akan mencoba mensosialisasikan pertanian kepada kaula muda, dengan menggandeng akademisi dan praktisi. Bahwa pertanian masih menjadi masa depan kita bersama,” kata Riko Andrian Putra.

Riko menyebutkan, HKTI adalah wadah bagi petani yang terbukti mengoptimalkan hasil pertanian di Indonesia. Karena HKTI bertujuan untuk membantu meningkatkan kapasitas, harkat, martabat dan kesejahteraan insan tani serta pelaku agribisnis dan menjadikan sektor pertanian sebagai basis pembangunan nasional.

Salah satu yang akan dilakukan HKTI Kabupaten Solok dalam waktu dekat, sebut Riko adalah menyosialisasikan kembali penanaman sayur dan buah di pekarangan rumah-rumah warga terkhusus di komplek perumahan. HKTI akan membagi-bagikan bibit gratis dan melakukan pemantauan berkala untuk memastikan semua tumbuhan tumbuh subur.

“Kami akan coba di beberapa kompleks perumahan terlebih dahulu sebagai percobaan. Kalau sudah sukses, insya Allah akan kita kembangkan lebih luas dengan menggandeng Pemkan Solok atau pihak swasta dan BUMN. Semoga bisa membantu masyarakat mengurangi biaya sehari-hari mereka,” kata Riko yang juga Sekretaris Gema Macan Asia / Wakil Ketua KNPI Sumatera Barat.

Sementara itu, Ketua DPD HKTI Sumbar Feri Arlius, mengatakan, ke depan pihaknya akan mendorong pengembangan sektor pertanian di Sumbar. HKTI siap bersinergi dengan pemerintah daerah. "Kita ke depan akan siapkan rapat kerja dengan kabupaten/kota terkait program yang sudah kita susun," ujar Dekan Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Unand Padang.

Ketua DPN HKTI Fadli Zon menyerahkan SK DPC HKTI Kabupaten Solok kepada Riko Andrian Putra didampingi Sekretaris Ilham Dharma. (*)

No comments