Breaking News

IKKP Padang Terbentuk, Merajut Ukhuwah Bangun Kampung Halaman dari Rantau untuk Ranah

Pembentukan ikatan Keluarga Kampung Pinang Padang (IKKP) di ketuai oleh Syahrial. @rie st Malin Mudo


Padang, Lamosai.com-  Warga perantau keluarga kampung Pinang Kota Padang, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam mengadakan temu ramah merajut ukhuwah  demi kemajuan kampung tercinta.

Pertemuan Ikatan Keluarga Kampung Pinang Padang (IKKP) di prakarsai oleh Syahrial sebagai wadah pemersatu juga menjalin tali silaturrahmi membangun nagari.

Saat pembentukan kepengurusan IKKP Padang, dihadiri oleh Ketua Harian Kerukunan Keluarga Agam (KKA) Barlius yang juga rang sumando Kampung Pinang, Minggu (13/3/2022) di Salingka Cafe dan resto, Tabing, Kota Padang.

Disampaikan Syahrial, sang penggagas kegiatan, sebenarnya IKKP sudah lama ada di Kota Padang. Akan tetapi keberadaannya tidak terasa, ibaratnya mati suri. Maka dari itu, kami coba menghubungi para dunsanak, sesepuh IKKP yang berada di Padang ternyata banyak dan mendapatkan respon positif.

" Alhamdulillah,  dalam kurun waktu kurang dari satu bulan pertemuan ini sekaligus pembentukan kepengurusan bisa tercapai dengan baik," ujar Syahrial anak nagari Kampung Pinang.

Mantan Manager Marketing ini melanjutkan, perkumpulan IKKP ini sengaja kami bentuk kembali guna merajut ukhuwah, mempererat rasa kekeluargaan, menumbuhkan rasa bagi dunsanak yang berada di Kota Padang guna nantinya bisa membangun dan babaliak ka nagari.

Ia melanjutkan, banyak hal yang bisa dipetik pada momen ini. Selain nantinya bisa membangun kampung halaman, juga bisa saling tolong menolong sesama warga Kampung Pinang yang berada di Kota Padang. Salah satu contoh, bisa saling berkontribusi ketika ada dunsanak atau warga Kampung Pinang di Padang ketika  ada alek baik dan buruk, ujar pria yang ramah ini.

" Kedepan, dengan adanya  IKKP ini bisa saling menguatkan satu sama lain, baik di rantau maupun diranah untuk kemajuan dan berkontribusi positif bagi kampung halaman," imbuh Syahrial.

Terakhir, terimakasih atas kehadiran dunsanak IKKP Padang juga telah memberikan amanah kepada saya untuk memimpin organisasi ini di Kota Padang. Satu pinta kami, saling mengingatkan dan saling menguatkan, basamo mangko manjadi, ujar Syahrial meyakinkan para hadirin.

Sementara itu, Ketua Harian KKA Padang Barlius yang juga rang Sumando KKP mengatakan, dengan terbentuknya IKKP kami yakin akan banyak memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Agam dan Kota Padang.

" Ibaratnya, KKA kapal induk dan IKKP adalah sikocinya. Nah, jika ini saling bersinergi, saling merawat dalam kebersamaan juga saling menguatkan. Maka, kami yakin Agam akan tumbuh lebih baik. Baik itu di Kota Padang sendiri maupun di kampung halaman.

Kepala BPBD Kota Padang ini melanjutkan, harapan kita semua IKKP bisa melakukan kegiatan positif untuk membangun nagari, menciptakan kegiatan sosial sesama dunsanak yang berada di Kota Padang.

" Bikinlah kegiatan ringan-ringan, seperti kegiatan sosial, bedah rumah bagi warga kurang mampu di kampung, saling mengunjungi dalam kegiatan sosial, pesta, sakit bahkan ketika ada kemalangan," saran Barlius.

Sumando IKKP ini menambahkan, organisasi kampung ini sifatnya sosial dan tidak digaji. Jadi, memang orang yang memiliki jiwa sosial dan dibutuhkan orang yang memiliki kemauan juga mampu meluangkan waktu untuk hal tersebut, tegas Barlius.

" Semoga kito saiyo, seayun langkah, kompak dirantau. Sehinga lantunan atau dampak positifnya bisa dinikmati bagi masyarakat kita di kampung halaman," pinta Barlius.

Disesi terakhir acara, dilakukan suksesi pemilihan pengurus IKKP Padang secara sistematis dan demokrasi menurut azas kepatutan, maka didapatlah kepengurusnnya.

Berikut susunan kepengurusan IKKP Padang, sebagai penasehat: Wirman Dahlan, I.J Dt. Mantari sati nk dan A J Dt Malano.

Sedangkan terpilih jajaran pengurus inti; Ketua:  Syahrial, Wakil Ketua; Faisal ( Ahok ), sedangkan menjabat sebagai Sekretaris: Erni dan Bendahara : Mardianis ( Man ). (Hr1)

No comments