Breaking News

Planning Program Reward dan Pembinaan Atlet Berprestasi KONI disambut Baik para Atlet

Ketua KONI Sumbar, Agus Suardi (Abien) bersama jajaran pengurus lainnya melakukan rapat koordinasi dan finalisasi planning program reward juga pembinaan bagi para atlet di Sumbar, khususnya di ajang PON XX Papua 2021 lalu. Dok. Humas IT KONI 


Padang, Lamosai.com- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Propinsi Sumatera Barat telah menyiapkan bentuk program pembinaan kepada para atlet Ranah Minang yang telah mengukir prestasi di arena PON XX Papua 2021 lalu. Salah satunya, bantuan berupa uang pembinaan perbulannya bagi atlet peraih medali PON Papua dihidupkan kembali.

Hal itu disampaikan langsung Ketua Umum KONI Sumbar, Bapak Agus Suardi, Senin (21/2/2022) di ruang kerjanya.

" Kita (KONI) telah menyiapkan program di tahun 2022 ini. Salah satunya, merancang sekaligus menyetujui pemberian bantuan bulanan kepada atlet berprestasi kita di PON XX Papua 2021 lalu," ujar Agus Suardi dalam relis, Senin (21/2/2022).

Dikatakan Abien, sapaan akrab Agus Suardi- saat memberikan keterangan itu didampingi Waketum V Esneti, Plt Sekum Rozi Rabbani serta Kabid Humas & IT Rakhmatul Akbar.

Selain itu, juga hadir pengurus Humas & IT lainnya itu program dan rancangan terukur KONI akan terus dimatangkan. Apalagi tahun 2022 ini sudah memasuki bulan kedua, pungkas Abien.

"Jadi, untuk pembinaan atlet terutama yang sudah membanggakan dan mengharumkan nama Sumbar, untuk pendanaannya sudah di plot ke dalam rancangan program atlet binaan kita," jelas Abien dan dibenarkan Rozi Rabbani.

Namun, berapa besaran nominal yang bakal diterima para atlet dan pelatih berprestasi perbulannya itu hampir rampung dalam pembahasannya. 

" Yang pasti sudah dibahas dan menunggu proses finalisasi. Itu sesuai dengan pencapaian yang diraih para atlet. Ada perbedaan antara peraih medali emas dibanding dengan peraih medali perak dan perunggu," ungkapnya.

Plt Sekum Rozi Rabbani meminta kepada para atlet dan pelatih berprestasi bersabar.

" Pokoknya sudah kita ploting dan besarannya pun sudah kita siapkan. Sekali lagi atlet diminta bersabar dulu. Tinggal gong saja lagi," ujar Rozi.

Terkait bakal adanya bantuan uang pembinaan perbulan bagi atlet berprestasi itu tentu disambut gembira para atlet. 

Secara terpisah para atlet yang dihubungi menyamapaikan komentarnya.

Peraih medali emas dua kali berturut-turut PON, (PON Jabar dan PON Papua) Delva Riski menyambut gembira. Taekwondoin putri asal Kabupaten Padang Pariaman itu memang sudah lama menunggu kabar baik itu.

"Mantap-lahnya. Itu yang kami tunggu-tunggu," ujar Delva Riski yang dihubungi, Senin (21/2) secara terpisah.

Dia berharap besaran uang pembinaan untuk atlet dan pelatih itu jangan lagi nominalnya disamaratakan dan samarasakan, harap Delvi.

"Peraih medali emas itu tidak gampang. Jadi, jangan lagi disamaratakan nominalnya dengan peraih perak dan perunggu. Ini bukan berarti saya tidak menghargai perjuangan teman-teman peraih perak dan perunggu. Kami semua telah berjuang demi Sumbar," jelas Uniang begitu keseharian sapaannya.

Lebih jauh diutarakan Uniang, sebelumnya, besaran uang pembinaan atlet perbulan yang diterima Rp2 juta. Itu berlaku untuk semua atlet peraih emas, perak dan perunggu. 

"Seingat saya besarannya dulu segitu yakni Rp2 juta/bulan," terang Uniang.

Pada kesempatan itu, Uniang berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) juga memikirkan masa depan atau pekerjaan bagi atlet berprestasi. 

"Selain soal masalah uang pembinaan. Kami yang belum mendapat pekerjaan ini kiranya juga dicarikan pekerjaan," saran Uniang.

Senada dengan Uniang, Atlet gantolle Sumbar, Rijalul Fathani yang dikontak pun menyatakan kegembirannya pula. 

"Sangat bagus-lah. Soal nomimalnya jangan lagi sama rata dan sama rasa antara peraih emas, perak dan perunggu. Sehingga para peraih medali itu akan termotivasi ke depannya," ungkap Rijalul Fathani.

Harapan soal pekerjaan juga Jalul senada dan serasa dengan Delva Riski, kami juga berharap janji Pemprov memberikan pekerjaan kepada peraih medali PON Papua bisa terealisasi. Karena ini masalah masa depan kami para atlet yang belum bekerja," ujar peraih perak di nomor beregu itu.

Diakhir pembicaraan Jalul berterima kasih kepada pengurus KONI Sumbar terutama Ketua Umum Bapak Agus Suardi yang tetap dan terus memerhatikan atlet dan pelatih dalam melakukan pembinaan. 

"Kami siap menunggu kabar baik itu dari KONI Sumbar," ujar Jalul yang saat dihubungi tengah menggelar latihan di daerah Padang Pariaman.

Terpisah pula, NSR Yalatif atlet peraih medali emas pertama Sumbar di PON XX Papua itu mengucap syukur. "Alhamdulillah, semoga lancar dari bulan ke bulan. Sehingga kami tidak memikirkan lagi saat mau pergi latihan. Bisa fokus," papar NSR Latif.

Dikatakan atlet yang juga meraih medali perunggu di nomor beregu itu, berapa besarannya silahkan ditetapkan KONI. 

"Yang terpenting itu, dengan kondisi terutama saya yang belum punya pekerjaan tetap ini, saat pergi, fokus latihan. Ada yang bisa ditinggalkan untuk keluarga," ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga, Latif juga berharap kepada KONI dan pemprov juga memikirkan bantuan peralatan cabor gantolle.

"Besok ini, PON di tanah Sumatera. Jangan sampai pula, kita (Sumbar) 'dibantai' di tanah Sumatera. Artinya faktor peralatan di olahraga dirgantara ini sangat vital dan mesti terbaru. Saya bersama kawan-kawan telah bertekad akan memberikan yang terbaik di tanah Sumatera besok itu," tutupnya. (*)

No comments