Breaking News

Perguruan Silek Sipasan Lia Kampung Pondok Didirikan

Iswanto Kwara Anggota DPRD Kota Padang dari PDI Perjuangan yang juga penggagas Silek Sipasan Lia membuyakan budaya kearifan lokal Minangkabau di Kampung Pondok. Dp-@rie Sutan Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Dalam rangka menanamkan nilai adat dan budaya kepada generasi muda dizaman moderen ini dan ditambah pengaruh game online yang hampir merusak generasi muda. 

Sehingga, budaya itu sudah mulai terkikis dilingkungan generasi muda, terutama pencak silat.

Untuk itu, Anggota DPRD Kota Padang dari Iswanto Kwara tokoh Kampuang Pondok yang juga Penggagas sekaligus Ketua Dewan Pembina Perguruan Silek Tradisional Sipasan Lia (Kelabang Liar) di Kampung Pondok, Jalan Dobi IV No.2, Kecamatan Padang Barat, Kamis (3/2/2022) malam, ia berinisiatif mendirikan silek tradisi bagi generasi muda tingkat SD dan SMP di wilayahnya.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, sebenarnya membuka perguruan silek ini sudah lama ingin didirikan. Namun, hari ini baru bisa kami realisasikan atas duduk bersama dengan Lurah dan Ketua LPM Kelurahan Kampung Pondok, urai Iswantk Kwara.

Ternyata, lanjut Iswanto Kwara, bak gayung bersambut, niat baik kami disambut baik pula oleh para tokoh-tokoh di Kampung Pondok ini.

" Kami ingin memberikan warna baru di Kampung Pondok. Biasanya, disini terkenal dengan Budaya Tiong Hoa seperti Baronsi, Naga (Sipasan)," terang Pria yang ramah ini.

Untuk itu, Iswanto melanjutkan, kita munculkanlah Silek Tradisi yang mengkombinasikan dan membumingkan budaya kearifan lokal Minangkabau di Kampung Pondok ini.

" Silek ini membentuk mental dan karakter generasi muda. Selain itu, juga menjauhkan mereka dari pengaruh penyakit masyarakat lainnya," imbuh Iswanto.

Disamping itu, juga mendukung program pemerintah dalam hal membentuk Nagari Tageh, tageh ekonomi, tageh kesehatan dan tageh kamtibmasnya, pungkasnya lagi.

Senada dengan Iswanto, Lurah Kampung Pondok Eka Putra didampingi Ketua LPMnya Erry Gusman mengatakan, kami atas nama pemerintahan kota Padang sangat mendukung dan mengapresiasi sekali kegiatan positif yang diangkat oleh anggota dewan kita Bapak Iswanto Kwara.

" Sebab, beliau sudah membudayakan budaya Minangkabau di Kampung Pondok. Karena, budaya kita sudah terkikis oleh zaman. Kedepan, kita bertekad membawa Kampung Pondok melahirkan jawara di Kota Padang maupun tingkat Nasional," ujar Eka Putra.

Sementara itu, Guru Silek Sipasan Lia, Anizar Pandeka dari Kuranji mengatakan, kami bersyukur dipercayai oleh bapak Iswanto Kwara untuk membantu dan mengembangkan silek tradisi di Kampung Pondok ini. Ini sebuah kehormatan bagi kami, pungkasnya.

" Alhamdulillah, latihan perdana diikuti sangat antusias oleh anak-anak dan dukungan penuh oleh semua tokoh di Kampung Pondok," imbuh Anizar yang juga pernah pertunjukan silek Europa Lia Indonesia Belgia 2017 silam.

Saat pembukaan Sasana perguruan silek Sipasan Lia, Iswanto Kwara juga didampingi oleh Lurah Eka Putra dan Ketua LPM Kampung Pondok Erry Gusman, SH, MH. (Hr1)

No comments