Breaking News

Irwan Basir, Komite Sekolah Wadah Penyalur Aspirasi Wali Murid dan Meningkatkan Mutu Sekolah

Tokoh Kuranji, Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM yang juga Ketua DPD LPM Kota Padang sampaikan, Komite sekolah mampu menjadi jembatan penyambung aspirasi wali murid dengan sekolah maupun sebaliknya. @rie Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Komite Sekolah merupakan wadah penampung dan penyambung aspirasi para orang tua siswa atau wali murid dengan pihak sekolah, maupun sebaliknya. 

Pembentukan komite sekolah SMAN 16 Kota Padang tahun 2022-2026 dihadiri oleh Tokoh Kuranji Irwan Basir Datuk Rajo Alam,SH, MM yang juga Ketua DPD LPM Kota Padang, Amriman M, M. Pd Kabid. Pendidikan dan Kebudayaan Disdik Kota Padang. 

Selain  itu, juga hadir kepala sekolah Seprah Madeni, M. Pd dan wakil kepala sekolah, eks Kadis Nakertran Kota Padang Yunisman, SE beserta tokoh masyarakat setempat, pengawas sekolah, para pengurus dan anggota komite sekolah periode sebelumnya.

Dalam sambutannya,  Rabu (2/2/2022), Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM yang juga tokoh Kharismatik Kuranji mengatakan, komite sekolah merupakan badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan, baik pada pendidikan pra sekolah, jalur pendidikan sekolah maupun jalur pendidikan di luar sekolah (Kepmendiknas nomor: 044/U/2002).

" Oleh karenanya, komite sekolah berada ditengah-tengah dua hal tersebut diatas. Sesuai dengan tupoksinya mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu dan melakukan kerjasama dengan masyarakat dan pemerintah berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu," terang Putra Kuranji ini menjelaskan saat menghadiri pemilihan Ketua Komite Sekolah di SMAN 16 Padang.

Irwan Basir melanjutkan, terkait dengan berakhirnya kepengurusan Komite SMA Negeri 16 Kota Padang. Maka sekolah akan mengadakan proses pemilihan pengurus baru untuk komite SMA Negeri 16 Kota Padang periode 2022-2026.

Oleh karena itu, didalam proses pemilihan pengurus ini perlunya ketransparanan, demokrasi, profesional dan akuntabel mengacu pada regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah yakni Permendikbud No.75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 16 Kota Padang Seprah Madeni, M.Pd mengatakan tujuan pembentukan komite sekolah adalah untuk mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat.

Masih kata Seprah Madeni, komite sekolah dapat berperan untuk pemberi pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan, baik yang berwujud financial, pemikiran, maupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan dan serta bisa menjadi mediator antara pemerintah dengan masyarakat, imbuhnya.

Selain itu, Kepala Sekolah SMAN 16 Kota Padang juga menyampaikan terima kasih terhadap pengurus komite yang lama atas dedikasinya membesarkan sekolah, lebih-lebih Komite sering kami “curhati” dan komite dengan setia selalu mendengarkan.

" Selamat kepada bapak Yunisman kembali terpilih sebagai ketua komite tahun 2022-2026, semoga bisa bersinergi dan berkontribusi dalam mengembangkan dunia pendidikan di SMAN 16 Kota Padang," ujarnya.

Kepsek menambahkan, meskipun kewenangan komite saat ini sangatlah terbatas. Mudah-mudahan bisa memberikan masukan dan saran kepada sekolah menuju sekolah yang berkualitas, imbuh Seprah.

Nofrianto atas nama segenap wali murid mengucapkan selamat atas terpilihnya pengurus baru komite sekolah SMAN 16 Kota Padang, harapannya semoga kedepannya lebih baik dari yang sebelumnya, harap Nofrian yang akrab disapa Noa Rang Kuranji. (Hr1/Dp)

No comments