Breaking News

Ekos Albar Ungguli Hendri Susanto Ajang Pilwawako Padang

Ketua Panitia Pemilihan Wawako Padang Mastilizal Aye, SH membuka kotak suara sebelum dilaksanakan pemilihan Wawako secara langsung, Rabu (5/4/2023). @rie Sutan Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- H. Ekos Albar yang diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN) maju pada pemilihan Wakil Walikota Padang mengisi kekosongan sisa masa jabatan 2019-2024, menang telak atas rivalnya dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) H. Hendri Susanto pada pemilihan langsung dengan agregat suara 36 untuk H. Ekos Albar. Sedangkan H. Hendri Susanto hanyan memperoleh 9 suara.

Teriakan Ekos Albar menang langsung pecah saat Ekos Albar meraih 28 suara pada penghitungan pemilihan Wakil Walikota Padang, Rabu (5/4/2023) di ruang sidang utama DPRD. 

Ekos sukses meraih 36 suara dari 45 anggota DPRD Padang. Sisanya untuk Hendri Susanto yang dijagokan PKS.

“Ekos Albar, Ekos Albar, ” ujar Anggota Panitia Pemilihan Helmi Moesim membacakan suara dari kotak suara.

Meski sudah melewati 28 suara dari 45 Anggota DPRD Padang, Helmi Moesim masih terus sebut namo H Ekos Albar. Suara H Ekos Albar jauh meninggalkan calon Wawako dari PKS Hendri Susanto.

“Allhamdulillah surat suara pas dengan jumlah suara anggota DPRD Padang 45 orang,” ujar Da Ay begitu sapaan akrab Helmi Moesim

Ekos Albar di papan pencatat suara mengunci 36 suara sedangkan Hendri Susanto 9 suara.

“Allhamdulillah atas hasilnya dan Innalillahi wainnailahi rojiun atas amanah yang Insya Allah saya emban,” ujar H Eko Albar usia pemilihan.

Sementara itu, Faisal Nasir, S.AP anggota DPRD Kota Padang, Fraksi PAN mengatakan, Alhamdulillah dengan adanya Wawako Padang yang baru Bapak Ekos Albar, bisa membangun sinergisitas sehingga terciptanya harmonisasi antara eksekutif, legislatif dan OPD yang ada untuk pembangunan Kota Padang kedepan, harap Faisal Nasir.

Disampaikan Mastilizal Aye, SH prosesi dan mekanisme sesuai dengan alurnya. Mulai dari pendaftaran bacalon Wawako, verifikasi, bedah visi-misi, hingga hari H pencoblosan sesuai dengan harapan bersama.

" Alhamdulillah, pemilihan Wawako Padang murni secara langsung, transparan dan jujur. Selain itu, dihadiri oleh ke 45 orang anggota Dewan Padang. Artinya, pemilihan nya sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku, malahan disaksikan secara terbuka oleh warga Kota Padang," urai Aye begitu ia disapa. (Hr1)

No comments