Breaking News

Sambut Hari Lingkungan Hidup se Dunia, Forum Bank Sampah Menabung Emas Gelar Kegiatan Positif

Eko Muhardi, Ketua Pelaksana kegiatan Gerakan bersama edukasi masyarakat memimpin rapat untuk persiapan menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia. @rie st Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia yang hatuh pada 5 Juni 2022, Forum Bank Sampah Memilah Sampah Menabung Emas (BS MSME) Indonesia, Kota Padang  menggelar serangkaian kegiatan Gerakan Bersama Edukasi Masyarakat (Geber Emas). 

Rangkaian kegiatan Geber Emas ini, jelas Ketua Forum BS MSME Indonesia Mina Dewi Sukmawati, SPd didampingi Ketua Panitia HLH Forum BS MSME, Eko Muhardi pada media ini, Jumat (3/6-2022), adalah digelar bersama mitra Bank Sampah Induk (BSI) Pancadaya seperti Pegadaian, JNT, Poltekes dan Walhi Sumbar.

"Melalui peringatan HLH tahun ini,  tujuannya dalam rangka mengedukasi masyarakat agar mengurangi timbulnya sampah plastik dari sumbernya dan memberi penyadaran serta untuk menurunkan peringkat Indonesia sebagai laut tercemar nomor 2 di dunia," ucap Dewi Mina yang juga Dirut BSI Pancadaya.

Sementara Ketua Panitia HLH Forum BS MSME, Eko Muhardi menyebutkan, rangkaian iven yang telah disiapkan panitia adalah Live Streaming Talkshow Geber Emas Mengurangi Sampah Plastik Satu Bumi.

Tampil sebagai pembicara Meri Andriati Surya dari Pegadaian, Evi Yandri Rajo Budiman tokoh masyarakat kota Padang, Mina Dewi Sukmawati Ketua Forum BS MSME Indonesia, dan Eko Muhardi Pembina serta pelaku Bank Sampah.

Kemudian, lanjut pria yang mudah swnyum ini, juga diadakan Lomba Literasi yang akan diikuti perwakilan bank sampah binaan Pegadaian dengan total hadiah 7,5 juta.

" Juga ada lomba Daur Ulang Sampah yang nantinya diikuti tiga orang perwakilan Bank Sampah dengan total hadiah 7,5 juta," pungkas Eko Muhardi.

Dan, iven paling banyak menyedot massa adalah aksi Geber Emas dengan berbagi kantong belanja berbahan kain di pasar raya Padang, dan pasar tradisional seperti pasar Lubuk Buaya dan pasar Bandar Buat, bebernya.

"Kita berharap melalui kegiatan Geber Emas ini akan tumbuh semangat hidup cinta lingkungan dan bersih dari sampah," ucap Eko yang juga Pembina BSPD 11 RW 06 Taratak Paneh, tersenyum manis. (rel/HR1)

No comments