Breaking News

Ringankan Derita Koraban Kebakaran, Irwan Basir Kembali Salurkan Bantuan di Batang Kabuang

Ketua DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir, SH, MM Datuk Rajo Alam menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di Batang Kabung, Koto Tangah. @rie st Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Ketua DPD LPM kota Padang Irwan Basir, SH, MM Datuak Rajo Alam tak henti-hentinya meringankan beban yang mendera korban rumahnya kebakaran. 

Ia menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang ditimpa musibah kebakaran beberapa hari yang lalu di Kelurahan Batang Kabuang Gantiang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Senin (6/6/2022).

Datuk IB, begitu keseharian ia disapa, mengatakan, bantuan ini diberikan dalam rangka meringankan beban masyarakat dan sesuai dengan salah satu dari Visi & Misi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, 

" Mudah-mudahan dengan adanya sedikit bantuan dapat mengobati rasa yang sedang berduka. abisa menjadi penawar dikala mereka bersedih," ujarnya

Pada kesempatan itu diserahkan bantuan dari  DPD LPM Kota Padang berupa beras, mie instan, air mineral dan uang tunai. Bantuan diterima langsung oleh korban kebakaran Pak Syofiyan dan M Firdaus disaksikan Camat Koto Tangah Darmalis dan Lurah Batang Kabung Ganting Yoserizal.

Menurut keterangan salah dari korban yaitu Bapak Syofiyan dan M Firdaus, kebakaran terjadi sekitar pukul 17.30 Wib sore dan menghaguskan 9  ruko semi permanen dengan kerugian materi lebih kurang 700 juta rupiah.

Irwan Basir berserta rombongan tiba di lokasi dan disambut oleh Camat Koto Tangah Darmalis, Ketua DPC LPM Koto Tangah Abdul Fandi, Lurah Batang Kabung Ganting Yoserizal, Ketua LPM Kelurahan se-Kecamatan Koto Tangah  tokoh masyarakat dan juga seluruh keluarga korban pemilik bangunan yang  terbakar. 

Dalam kesempatan itu ketua DPD LPM Kota Padang ini menyampaikan, musibah kebakaran ini adalah sebuah ujian dari Allah Swt kepada kita agar selalu bersikap sabar dan tawakal menerimanya.

Disamping itu, dengan adanya musibah ini juga untuk menggugah rasa kepedulian kita antar sesama untuk meringankan beban daripada keluarga korban.

"Kami atas nama Pengurus DPD LPM Kota Padang turut prihatin dengan musibah ini. Musibah kebakaran kedatangannya memang tidak bisa diprediksi dan ini bisa menimpa kepada siapa saja. Dan tentu saja dibutuhkan kepedulian kita untuk membantu meringankan beban daripada keluarga korban," ujar Irwan Basir.

Lebih lanjut ketua DPD LPM ini kembali mengingatkan agar setiap keluarga berhati-hati dalam penggunaan alat memasak atau pemakaian  alat-alat listrik di rumah tangga. Karena banyak penyebab kebakaran ini adalah karena korsleting listrik atau dari alat memasak. 

" Banyak penyebab kebakaran dikarenakan hubungan arus pendek atau korsleting listrik termasuk juga dari alat-alat memasak seperti kompor. Untuk itu saya menghimbau agar lebih meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian kita dalam penggunaan alat-alat tersebut. Hanya dengan cara inilah kita dapat mengurangi resiko demi menghindari kebakaran tersebut," ucap Irwan Basir lagi.


Di samping itu Irwan Basir juga mengajak seluruh komponen masyarakat yang punya rezeki lebih untuk bersama-sama membantu saudara kita yang ditimpa musibah ini.  Mudah-mudahan dengan bantuan yang kita berikan dapat mengurang sedikit beban derita yang mereka tanggung.

Sementara itu Camat Koto Tangah Darmalis mengucapkan sangat berterima kasih sekali dengan kedatangan Pengurus DPD LPM Kota Padang ke lokasi kebakaran yang menimpa warganya tersebut 

" Atas nama pemerintahan Kecamatan Koto Tangah, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Datuk Irwan Basir selaku ketua DPD LPM Kota Padang yang datang  membantu warga kami. Mudah-mudahan dengan kedatangan Pak Datuk ini akan menggugah tokoh-tokoh lainnya untuk turut membantu korban dalam meringankan beban mereka," ucap Camat Darmalis.

Saat menyerahkan bantuan kemanusiaan , Datuk IB juga didampingi, Sekretarisnya Akhirudin, Afma Tampan, Martias Sanjany dan  Andi Meirizal 

Koordinator Bidang Lintas Organisasi & Kelembagaan DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kota Padang dan beberapa pengurus DPD lainnya. (Hr1/hkal)

No comments