Breaking News

Role Model Pelaksanaan Qurban, Perumda AM Padang Serahkan 73 Ekor Hewan Qurban ke Warga

Walikota Padang, Hendri Septa menyerahkan secara simbolis hewan qurban berupa sapi kepada warga kota Padang, Selasa (27/6/2023) di halaman kantor pusat Perumda AM Kota Padang. @rie St Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Perusahaan Umum Daerah Ari Minum (Perumda AM) Kota Padang kembali menyerahkan hewan kurban pelaksanaan ibadah hari raya Idul Adha 1444H/2023 kepada masyarakat khusus di daerah sumber air (Intake), Masjid dan Mushalla se Kota Padang sebanyak 73 ekor hewan qurban, terdiri dari 49 ekor sapi dan 24 ekor kambing, Selasa (27/6/2023).

Penyerahan hewan kurban tersebut diserahkan langsung oleh Walikota Padang Hendri Septa, BBus (Acc), MIC di halaman kantor pusat Jalan Proklamasi, Kota Padang dan disaksikan oleh Direktur Umum Afrizal Kuning, Direktur Teknik Andri Satria, MT.

Direktur Utama Perumda AM Kota Padang, Hendra Pebrizal, S. Sos, MM menyerahkan hewan qurban dari karyawan/ti ke masyarakat Padang.

Selain itu, juga turut hadir Anggota DPRD Kota Padang Helmi Moesim, warga kurang mampu, pengurus Masjid/Mushalla dan disaksikan para karyawan/ti Perumda AM Kota Padang.

Dalam sambutannya, Hendra Pebrizal, S. Sos, MM mengatakan, alhamdulillah dari tahun ketahunnya animo dan keikhlasan karyawan/ti untuk berkurban terus meningkat. Tahun kemaren sebanyak 47 ekor sapi, tahun 2023 ini meningkat menjadi 49 ekor sapi dan 24 ekor kambing.

Dirtek Andri Satria, ST, MT pun ikut serta menyerahkan hewan qurban.

" Alhamdulillah, hewan kurban yang dibagikan dari tahun ke tahun terus ada peningkatan," ujarnya.

Bagusnya lagi tambah Hendra, Pembagian hewan kurban sudah menjadi role model bagi pemko Padang dalam hal pengumpulan hewan qurban dan untuk  di terapkan di jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Masih kata Dirut, Perumda AM Kota Padang tidak hanya menyerahkan hewan kurban, juga menyerahkan bantuan berupa becak motor (Bentor)  kepada10 keluarga, bantuan gerobak dorong sebagai penunjang dan peningkatan usaha kepada 15 keluarga.

Walikota Padang menyerahkan gerobak usaha dan bentor hasil zakat karyawan/ti Perumda AM Padang untuk warga.

Selanjutnya, tambahan penyerahan biaya renovasi rumah layak huni sebesar 15 hingga 20 juta berupa uang tunai kepada 6 keluarga, ini semua diambil dari zakat karyawan/ti.

" Semoga semuanya ini jadi amal ibadah bagi kita. Harapan, tahun depan terus ditingkatkan, agar masyarakat bisa menikmati, dari alam kembali ke masyarakat," harap Hendra Pebrizal.

Sementara itu, Walikota Padang Hendri Septa mengatakan, alhamdulillah sebanyak 73 ekor hewan qurban terkumpul dan dibagikan ke masyarakat Kota Padang. Artinya, persistensi dan keikhlasan para karyawan/ti dalam pengumpulan zakatnya. Sehingga dapat dirasakan manfaatnya bagi warga kota Padang.

Senyum manis para warga penerima bantuan dan hewan qurban.

Tidak hanya, pembagian hewan qurban, Perumda AM Kota Padang pun menyerahkan Bentor, gerobak usaha, bedah rumah dan lainnya, sebagai pimpinan, kami berikan apresiasi atas semua ini, beber Hendri Septa.

" Khusus kepada bapak/ibu warga kami yang hari ini menerima bantuan bentor maupun gerobak usaha, tingkatkan usaha dan kinerjanya. Hari ini mungkin bapak/ibu penerima, suatu saat bapak/ibu juga bisa memberikan kewarga yang membutuhkan," pesan Hendri Septa.

Anggota DPRD Kota Padang, Helmi Moesim, S.IP didampingi Wako Padang dan jajaran Direksi Perumda AM Kota Padang.

Ia melanjutkan, selama ini perumda yang ada, baru 3 tahun terakhir ( tahun 2021,2022 dan 2023) Perusahaan Umum Daerah Air Minum memberikan deviden untuk pemko Padang.

" Nah, dengan adanya deviden tersebut bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya. Artinya, bisa membantu pemko Padang," ujar Hendri Septa.

Selanjutnya, program bagi-bagi hewan Qurban bagi masyarakat kurang mampu, terutama di intake, termasuk Masjid dan Mushalla yang di lakukan oleh Perumda AM Kota Padang bisa menjadi role model dan contoh bagi Perusda yang ada, termasuk jajaran OPD sendiri.

"Alhamdulillah, dengan adanya penyerahan hewan qurban bisa dirasakan oleh warga Padang. Disamping itu, sebagai pembersih dan penambah harta bapak/ibu," beber Hendri Septa.

Ia melanjutkan, jangan takut dan kwatir untuk berqurban. Ber Qurban bukanlah berkurangnya harta kita, akan tetapi menambahkan rezki kita dan sebagai jalan ataupun kendraan kita kelak.

Kita berharap, semoga zakat, hewan qurban yang dibagikan ke masyarakat miskin, kurang mampu dan ke Masjid/Mushalla dibalasi oleh Allah SWT dengan pahala yang berlipat ganda, dilancarkan rezki kita semua, ujar orang nomor satu di Kota Padang ini sembari diamini oleh seluruh hadirin.

Terakhir, ucap Hendri Septa, Selamat hari raya Idul adha 1444 H/ 2023 M mohon maaf lahir dan bathin, kita tingkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, kita tingkatkan kepedulian antar sesama dan smoga qurban kita diterima oleh Allah SWT, tutupnya.

Sementara itu, salah seorang warga penerima bentor tak henti-hentinya melafal hamdalah juga mengucappkan rara terima kasih kepada jajaran direksi dan seluruh karyawan/ti Perumda AM Kota Padang atas pemberian becak motor kepadanya.

" Semoga bapak/ibu diberikan rezki yang melimpah, di sehatkan, dipanjangkan umur dan bentor ini bisa membantu saya untuk berusaha," ujarnya dengan suara serak dan mata berkaca-kaca. (HR1)

No comments