Breaking News

Jurusan Sastra Inggris FIB UNAND Lakukan Pengabdian dan Pelatihan di Panti Asuhan dan Pondok Tahfizd Al Fath Tauhid

Tim Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya UNAND melakukan pengabdian masyarakat kepada santri Panti Asuhan dan Pondok Tahfidz Al Fath Tauhid Padang. @rie st Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Tm Jurusan Sastra Inggris Unand Padang yang diwakili oleh lima orang dosennya mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Panti Asuhan dan Pondok Tahfidz Al Fath Tauhid yang berlokasi di Jalan Seberang Padang Utara 1 No. 34 Padang Selatan, Minggu (12/6/2022).

Kelima dosen tersebut terdiri dari Diah Tjahaya Iman, M.Litt., Ph.D., Ferdinal, M.A., Ph.D., Eva Najma, M.Hum., Seswita, M.Hum., dan Ayendi, M.Pd., M.Hum. 

Disampaikan Ayendi yang juga Ketua penanggung jawab mengatakan, Adapun bentuk kegiatan pengabdiannya adalah berupa pelatihan bahasa Inggris dan pemberian paket makanan kepada siswa santri yang tinggal di panti asuhan tersebut yang bersekolah di MTS Dhu’afa dan SMK Dhu’afa. 

" Dikarenakan siswa santri kelas tiga di SMK Dhu’afa sudah tamat sehingga yang mengikuti pelatihan ada sejumlah 12 orang. Pada umumnya mereka berasal dari luar Kota Padang, seperti Sijunjung, Dharmasraya, Solok, Pessel, Lubuk Alung, Mentawai bahkan ada dari Riau dan Jambi," terang Aye sapaan akrabnya.

Kedatangan tim ke panti asuhan sekitar pukul 9.30 WIB disambut oleh pengasuh panti. Kegiatan awal dimulai dengan pemberian kata sambutan oleh koordinator Bidang Pengabdian yaitu Ayendi, M.Pd., M.Hum.

Dalam sambutannya dia menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi dimana setiap dosen di samping mengajar dosen itu juga mesti melakukan pengabdian dan penelitian. 

“Kegiatan ini juga merupakan realisasi awal dari Perjanjian Kerjasama antara Jurusan Sastra Inggris FIB Unand dengan Panti Asuhan dan Pondok Tahfizd yang baru-baru ini dilakukan. Untuk ke depan kegiatan ini akan melibatkan mahasiswa sehingga mereka memiliki pengalaman di lapangan, dan juga akan diadakan lomba bagi siswa santri dalam hal praktek berbahasa Inggris," pungkasnya.

Lebih jauh disampaikannya, selain memberikan ilmu dan materi ajar bahasa Inggris, kami juga menyerahkan sedikit bantuan sembako untuk anak- anak santri.

Pelatihan yang dipimpin oleh Diah Tjahaya Iman, M.Litt., Ph,D. tersebut mengangkat topik tentang bagaimana memberi dan membalas salam dalam budaya Inggris. Topik berikutnya adalah bagaimana memperkenalkan dan mendeskripsikan diri masing-masing dalam bahasa Inggris. 

Di sela-sela pelatihan, pemberian motivasi secara berulang-ulang selalu ditekankan kepada siswa santri tersebut agar mereka menjadi orang besar atau pemimpin yang amanah nantinya dan bisa pergi ke luar negeri.

Untuk memvariasikan dan menambah semangat belajar, pada sesi akhir pelatihan diberikan  game pendidikan berbahasa Inggris yang berkaitan dengan topik pelatiahan. Lima kelompok siswa santri yang didampingi oleh masing-masing dosen pengabdi melakukan permainan edukasi dimana seperti permainan ular tangga yang ada deskripsi kegiatan di masing-masing nomornya, mereka mesti menyusun dan menyesuaikan kalimat yang ada subjek dan predikatnya pada kartu yang dipilih serta membaca dengan pengucapan yang benar.

Kegiatan berakhir pada pukul 11,30 WIB. Tim pengabdi dari Jurusan Sastra Inggris berpamitan dan saling bersalaman dan tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Pengasuh, Saudara Pegi Asep Fitra dan Dewan Penyantun Panti Asuhan yaitu Bapak Hariyanto, S.S., S,H. yang juga merupakan alumni dari Jurusan Sastra Inggris FIB Unand. (Hr1/Aye)

No comments